Ini Keistimewaan dan Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

  • Arry
  • 23 Apr 2022 17:14
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar(@noumanyounas/unsplash)

Salah satu keistimewaan bulan Ramadan adalah adanya Lailatul Qadar, yakni malam yang penuh kemuliaan yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Malam Lailatul Qadar ini datang pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. Yakni pada malam-malam ganjil di hari-hari terakhir Ramadan.

Dilansir dari laman Majelis Ulama Indonesia, Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada 1000 bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (Q.S. Al-Qadr: 1-5).

Malam Lailatul Qadar ini memiliki banyak keistimewaan. Yakni diampuninya dosa, diterimanya amal, dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," (HR Bukhari).

Dalam Al-Quran surat Ad-Dukhan dijelaskan:

"Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah," (QS Ad-Dukhan ayat 3-4).

Tidak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qadar ini akan terjadi. Bahkan Nabi Muhammad SAW tidak menjelaskan kapan pastinya peristiwa tersebut terjadi. Rasulullah hanya memerintahkan:

"Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan." (HR. Bukhari).


Selanjutnya tanda-tanda malam Lailatil Qadar >>>

 

Berita Terkait