Arti Syafakallah, Syafakillah, Syafahallah, Apa Bedanya?

  • Arry Anggadha
  • 15 Jul 2021 23:36
Berdoa Islam(Faseeh Fawaz/Unsplash)

Manusia pasti akan mengalami sakit semasa hidupnya. Sakit ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah subhanahu wa ta'ala.

Saat mendengar ada kerabat atau saudara yang sakit, kita pasti sering mendengar orang mengucapkan kata syafakillah atau sfayakallah. Kedua kata ini diucapkan untuk mendoakan orang yang sedang sakit supaya diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Seperti disebut dalam hadis shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, ungkapan syafakillah dan syafakallah berasal dari kata "syifa", yang berarti obat atau penyembuh.

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Arti Syafakillah dan Syafakallah

Kata syafakillah dan syafakallah memiliki arti yang sama. Hanya saja, keduanya dibedakan berdasarkan jenis kelamin orang yang dituju.

Kata syafakillah (bahasa Arab:  memiliki arti "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu", ditujukan kepada perempuan. Sedangkan syafakallah memiliki arti yang sama dan ditujukan kepada laki-laki.

Keduanya bermakna doa yang ditujukan kepada orang yang sakit supaya diberikan kesembuhan oleh Allah SWT. Di dalamnya juga mengandung harapan supaya penyakit tersebut tidak datang lagi kepadanya.

Dalam Islam, menjenguk orang sakit merupakan salah satu dari enam kewajiban seorang Muslim terhadap saudara Muslim lainnya. Ini tertuang dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (HR. Muslim, no. 2162)

Selain syafakillah dan syafakallah, ada ucapan lain yang dapat dipergunakan untuk mendoakan orang yang sakit. Berikut arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah dan masing-masing penggunaannya yang benar:

Dilansir dari Quotes of Islam, berikut arti masing-masing kata tersebut:

1. شفاك الله (Syafakallah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (lelaki)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada satu orang berjenis kelamin laki-laki.

2. شفاك الله (Syafakillah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada satu orang berjenis kelamin perempuan.

3. شفاكم الله (Syafakumullah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (lelaki)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada lebih dari dua orang berjenis kelamin laki-laki.

4. شفاه الله (Syafahullah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (lelaki)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada seseorang berjenis kelamin laki-laki yang keberadaannya jauh dari kita.

5. شفاها الله (Syafahallah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada seseorang berjenis kelamin perempuan yang keberadaannya jauh dari kita.

6. شفاهم الله (Syafahumullah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (lelaki)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada orang berjenis kelamin laki-laki yang jumlahnya amat banyak.

7. شفاهن الله (Syafahunnallah) artinya "Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan)." Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada orang berjenis kelamin perempuan yang jumlahnya amat banyak


Keutamaan menjenguk orang sakit

Mengutip buku Menenguk Orang Sakit dan Tata Cara Mengurus Jenazah karya Husnan M. Thaib, ada sepuluh keutamaan yang didapatkan seorang Muslim jika menjenguk orang sakit, yaitu sebagai berikut:

1. Mendapatkan balasan surga
2. Memperoleh pahala di sisi Allah SWT
3. Memperoleh doa dari malaikat
4. Melatih diri menjadi orang yang bersyukur
5. Mengingatkan pada akhirat
6. Mendapat jaminan kebaikan dari Allah SWT
7. Mendapatkan banyak rahmat
8. Dilancarkan urusan dunianya
9. Mendapatkan amalan penduduk surga
10. Selalu berada dalam lindungan Allah SWT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News