Sering Dibuang, Ternyata Biji Pepaya Kaya Manfaatnya

  • Arry
  • 21 Jul 2022 10:44
Manfaat biji pepaya(@alexeydemidov/unsplash)

Kita sudah sangat mengenal manfaat buah pepaya. Namun, yang sering kita konsumsi adalah daging buah dan daunnya. Biji pepaya sering kali kita buang.

Namun, ternyata biji pepaya juga kaya akan manfaat. Tak kalah dengan daging dan daun pepaya. Cara konsumsinya bisa dimakan langsung saat makan daging buah atau digerus halus.

Biji pepaya diketahui banyak mengandung mikronutrien esensial, bahkan juga dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid seperti daging buahnya.

Melansir laman Halodoc, berikut 7 mafaat biji pepaya:

  • Menjaga Fungsi Pencernaan

Seperti halnya daging buah pepaya, biji pepaya juga menjadi sumber serat yang dapat menjaga fungsi pencernaan yang bisa menghindari masalah sulit buang air besar, sembelit, radang usus, mencegah luka usus, hingga wasir.

  • Melindungi Kinerja Ginjal

Biji pepaya juga memiliki manfaat melindungi dan menjaga kesehatan fungsi ginjal. Hal ini karena biji pepaya mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal.

  • Mencegah Kanker

Kandungan atioksidan dalam biji pepaya juga dapat mencegah penyakit kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan oleh Nutrition and Cancer menyebutkan bahwa biji pepaya memiliki sifat anti-kanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

  • Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat biji pepaya juga dapat membantu menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Caranya bisa dengan menumbuk atau melumatkan 5 hingga 6 biji pepaya dan dicampurkan dalam minuman atau makanan. Konsumsinya setidaknya dua kali sehari dalam kurun satu bulan untuk mendapatkan kondisi organ hati yang sehat.

  • Melawan Infeksi

Biji pepaya juga memiliki manfaat melawan infeksi dalam tubuh, entah akibat jamur atau parasit. Terutama yang berada di usus agar dapat bekerja dengan baik.

  • Kontrasepsi Alami

Bagi pria yang mengonsumsi 1 sendok teh biji pepaya setiap hari selama tiga bulan bisa mengurangi kesuburan dan produksi sperma. Namun saat menghentikan konsumsi biji pepaya, maka produksi dan kesuburan sperma akan kembali normal. Namun hal sebaliknya bila dikonsumsi oleh perempuan yang ingin cepat punya anak. Biji pepaya justru dapat menambah kesuburan.

  • Menghilangkan Uban

Bubuk biji pepaya yang telah dikeringkan disebut dapat membantu menghilangkan uban di rambut. Caranya dengan menggunakannya saat keramas.

 

Artikel lainnya





 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait