Najwa Shihab Ungkap Cara Pejabat Ngeles Saat Dicecar Pertanyaan: Makin Canggih

  • Arry
  • 12 Sep 2022 12:22
Najwa Shihab(@najwashihab/instagram)

Najwa Shihab dikenal dengan berani dan pintar mengkritik kebiakan pemerintah. Putri dari ulama Quraish Shihab itu pun kerap melontarkan pertanyaan ke pejabat yang tengah bermasalah.

Pertanyaan-pertanyaan itu sering membuat para pejabat hingga politisi mati kutu. Mereka bahkan sering membela diri dengan berbagai alasan yang dilontarkan.

"Aku tahu cara ngeles politisi, ada yang memang nggak mau jawab. Jadi, dia punya jawabannya sendiri. Pertanyaan apa pun jawabannya itu," kata Najwa Shihab dalam kanal Youtube HAS Creative dikutip Senin, 12 September 2022.

"Ada yang meng-acknowledge pertanyaan tapi nggak mau jawab jadi cuma bilang 'itu pertanyaan yang menarik, tapi sebelum sampai ke situ mari kita melihat seperti ada sesungguhnya negara ini sudah berjalan'," kata Najwa.

"Ada yang menyerang dengan pertanyaan 'pertanyaan macam apa itu? Pertanyaan itu tidak sesuai, saya datang kesini bukan untuk menjawab hal-hal itu'," jelas Najwa.

Namun, untuk menghadapi para politisi seperti itu, Najwa mengaku memiliki cara untuk memkasa mereka berbicara.

"Aku rumusannya satu, jadi satu menit pertama biarkan mereka bicara, semenit selanjutnya dan berikutnya kita harus stick to apa yang ingin kita tahu," kata Najwa.

Najwa pun mengakui, saat ini para pejabat maupun politisi makin canggih memberikan jawaban.

Namun, Najwa enggan mengajari para politisi itu untuk berbicara di depan publik. "Aku kayak mengkhianati profesi jika harus mengajari politisi jawab pertanyaan wartawan," ujarnya.

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait