Sosok Koh Steven: Pemulung Amal yang Kuras Harta Demi Sumbang Pandemi Covid

  • Arry
  • 15 Okt 2022 16:01
Pendiri Mualaf Center Indonesia Steven Indra Wibowo (@stevenindrawibowo/instagram)

Berita duka datang, pendiri Mualaf Center Indonesia, Steven Indra Wibowo meninggal dunia. Sosok yang dikenal dengan nama Koh Steven mengembuskan napas terakhir pada Jumat 14 Oktober 2022.

Beriut profil Steven Indra Wibowo atau Koh Steven?

Steven Indra Wibowo lahir di Jakarta pada 14 Juli 1981. Koh Steven memutuskan menjadi mualaf pada 2000. Dia kemudian memakai nama Indra Wibowo ash-Shiddiqi.

Koh Steven pernah menyatakan, dia bekerja di sebuah perusahaan riset di Singapura. Perusahaannya itu memiliki klien seperti UN, WHO, WWF, dan Unicef.

Baca juga:
Pendiri Mualaf Center Indonesia Steven Indra Wibowo Meninggal Dunia

Koh Steven mendapat sorotan saat pandemi Covid-19. Dia rela menjual seluruh hartanya untuk membeli peralatan medis bagi petugas kesehatan dan masyarakat umum.

Harta pertama yang Koh Steven jual adalah rumahnya dengan nilai Rp5,5 miliar. Dari duit itu Koh Steven langsung membeli alat produksi dan bahan baku masker dari Jepang.

Koh Steven dan Mualaf Center Indonesia kemudian membagikan ratusan ribu masker medis hingga peralatan lainnya untuk petugas medis yang berada di garda depan dan masyarakat umum.

Setelah itu, Koh Steven kembali menjual asetnya yakni dua rumah, tujuh mobil, dan tiga motor gede miliknya.

Baca juga
Steven Indra Meninggal Dunia, Sahabat Ungkap Kata Terakhir Koh Steven

Kali ini, dia tak hanya membeli peralatan medis tetapi juga mmebagikan ratusan ribu paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 di 28 provinsi.

Koh Steven menyatakan dirinya hanyalah seorang pemulung amal. Dia yakin, harta yang dimilikinya hanyalah titipan dari Allah SWT.

"Kita ini jangan sombong di dunia, kita cuma pemulung, apa sih yang kita kumpulin, amal kan? Ngumpulin duit, mati nggak dibawa, amal ya sudah dipulung aja. Kita nggak ngerjain yang besar-besar," cerita Steven yang diunggah dalam channel YouTube Vertizone 7 bulan lalu.

Selain mendirikan Mualaf Center Indonesia, Koh Steven juga pendiri Dompet Madani. Selain itu, dia juga mmeiliki kanal YouTube Vertizone TV.

Koh Steven meninggal dunia di Surabaya usai menunaikan ibadah sholat Isya sekitar pukul 19.30 WIB. Dia akan dimakamkan di Firdaus Memorial Park Ujung Berung, Bandung.

Baca juga: Mengenang Steven Indra Wibowo: Jadi Mualaf Karena Iseng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait