Minum Kopi vs Teh, Mana yang Terbaik Diminum Saat Pagi Hari

  • Arry
  • 11 Nov 2022 15:13
Manfaat Teh dan Kopi(ist/ist)

Saat pagi hari, ada yang memilih minum kopi untuk memulai hari. Namun, tidak sedikit pula yang memiliki untuk mengonsumsi teh. Mana yanglebih baik?

Minum kopi maupun minum teh memiliki klebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini dapat dikondisikan dengan tubuuh orang yang mengonsumsinya.

Melansir HuffPost, Tamar Samuels selaku ahli diet dan pendiri Culina Health menjelaskan, pilihan teh atau kopi itu tergantung dari reaksi tubuh seseorang terhadap setiap minuman.

Untuk diketahui, kopi dan teh memiliki kandungan kafein dengan kadar yang berbeda. Satu cangkir kopi hitam seberat 8 ons bisa mengandung mengandung 95 miligram kafein. Sementara itu, teh dalam berat yang sama mengandung 48 miligram kafein.

Baca juga
Pria Ini Bongkar Cara Hemat Beli Kopi di Starbucks, Bisa Dapat Diskon 50 Persen

Namun, hal ini berbeda jika mengonsumsi teh hijau dengan jumlah sayng sama. Jumlah kafeinnya jauh lebih rendah yakni 29 miligram.

Melihat kandungan kafein itu, dapat disesuaikan dengan kondisi atau selera masing-masing.

Dr. Kimberly Langdon, anggota dewan penasihat medis di perusahaan layanan kesehatan Medzino menjelaskan, kafein dapat memberikan energi di seluruh otak yang menyebabkan penurunan aliran darah otak dan tekanan darah relatif rendah. Di sisi lain, juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Masalah dengan mengonsumsi kafein di pagi hari adalah, kortisol kamu sudah tinggi dan kafein meningkatkannya, sehingga dapat menghasilkan rasa kecemasan dan kegelisahan tinggi di pagi hari, yang dapat membuang sisa hari kamu," jelas Tamar.

Baca juga
Jangan Pesan Kopi atau Teh di Pesawat, Ini Alasannya

Tamar juga menjelaskan, kopi memiliki manfaat bagi mereka yang mengidap diabetes tipe 2, jantung, serta dapat meningkatkan metabolisme. Sealinitu kopi juga memiliki antioksidan dan polifenol yang jauh lebih tinggi daripada teh.

Kandungan polifenol sangat bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, membantu mencegah penyakit jantung, hingga membantu mengontrol berat badan.

Sementara itu, Tamar juga menjelaskan, soal manfaat teh. Menurutnya, teh memamg tidak memiliki kandungan kafein dan polifenol yang tinggi seperti kopi.

Baca juga
Resep Chizu Red Velvet Ala Es Teh Indonesia, Dijamin Tak Kemanisan

Teh ini justru sangat cocok bagi mereka yang tidak ingin minum terlalu banyak mengandung kafein.

“Manfaat teh lebih beragam karena jenisnya lebih banyak, sedangkan kopi dan espresso dibuat dengan satu biji, satu tanaman,” kata Tamar.

“Apakah teh lebih baik daripada kopi, atau sebaliknya hal pertama di pagi hari sangat tergantung pada orang yang mengonsumsinya,” jelas Tamar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait