Nasi vs Mie Instan, Mana yang Bikin Cepat Gemuk?

  • Arry
  • 1 Jan 2023 18:30
Makan mie instan pakai nasi(@rizky/unsplash)

Nasi dan mie instan merupakan kuliner yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Kedua kuliner ini dianggap bisa mengenyangkan. Bahkan sering ada ungkapan, seseorang belum makan jika belum makan nasi.

Nasi dan mie istan adalah dua makanan yang sama-sama mengandung karbohidrat. Saat kamu mengonsumsi mie intan atau nasi, maka tubuh akan memecah karbohodrat menjadi gula yang kemduian digunakan sebagai energi tubuh.

Melansir halodoc, karbohidrat merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh. Tanpa karbohodrat, tubuh akan lemas. Itulah sebabnya, Anda dianjurkan mengonsumsi karbohidrat, yakni seperempat piring makan.

Jumlah tersebut sudah sesuai esuai anjuran yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Sebenarnya, selain mie instan atau nasi, kamu bisa mendapatkan karbohidrat dari bahan makanan lain seperti bihun, makaroni, kentang, singkong, talas, tepung sagu, dan ubi jalar.

Baca juga
Mahasiswa Meninggal Usai Santap Mie, Ini 10 Bahaya Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Namun, mana yang lebih cepat bikin gemuk, nasi atau mie instan?

Secara umum, orang mengalami kenaikan berat badan karena mengonsumsi kalori yang berlebih. Kalori merupakan takaran dari energi dalam makanan.

Sumber kalori terbagi menjadi tiga yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Nah, karena nasi dan mie instan mengandung karbohidrat, maka keduanya juga merupakan sumber kalori.

Jumlah kalori nasi dan mie instan pun ternyata berbeda. Jika dibandingkan kalori nasi dan mie instan dengan berat yang sama yakni 100 gram, maka akan diperoleh hasil yakni mie instan memiliki 346 kilokalori sedangkan nasi memiliki 175 kilokalori.

Baca juga
Resep Mie Dok-dok Kuah Kental dan Goreng, Simpel dan Bikin Lidah Bergoyang

Hal ini berarti mie instan memiliki kandungan lebih banyak kalori dibandingkan nasi. Sehingga mie instan lebih mungkin menyebabkan kenaikan berat badan dibandingkan nasi.

Coba bayangkan, jika kamu mengonsumsi mie instan yang digabung dengan telur, sosis, keju, dan kornet. Berapa kalori yang didapat.

Tentunya, asupan kalorinya akan sangat melebihi dari yang dianjurkan. Sesuai anjuran, untuk wanita dibutuhkan asupan 1.900-2.125 kilokalori per hari. Sedangkan pria membutuhkan 2.100-2.325 kilokalori.

Anjuran tersebut didasarkan pada tabel Angka Kecukupan Gizi tahun 2013 untuk wanita dan pria berusia 16-64 tahun.

Baca juga
4 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam yang Lagi Viral di Yogyakarta

Bagaimana jika makan mie instan pakai nasi?

Makan mie instan dengan nasi tentu sangatlah nikmat. Namun, sebaiknya kebiasaan ini segera dikurangi.

Sebab, meski mengenyangkan makan mie instan dan nasi bersamaan bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Makan nasi dengan mie instan juga bisa membuat tubuhmu kekurangan zat gizi lain yang dibutuhkan, seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait