Tips 5 Cara Mudah Tidur Nyenyak di Pesawat Saat Perjalanan Jauh

  • Arry
  • 18 Jan 2023 12:55
Kabin pesawat(@alschim/unsplash)

Saat perjalanan jauh dengan pesawat, kerap kali penumpang kesulitan tidur dengan nyaman. Terutama bagi penumpang yang duduk di kelas ekonomi.

Sebab, posisi dan kondisi kursi yang kurang nyaman menjadi salah satu penyebab penumpang kesulitan tidur. Padahal mereka suka menyiasati dengan meminum obat tidur.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan penumpang agar dapat tidur nyenyak di pesawat. Max Stevens, dari Sleep Checklist, membagikan tips bagipenumpang agar bisa mudah tertidur di pesawat:

1. Gunakan masker mata

Masker mata akan sangat membantu jika ada penumpang lain yang membuka penutup jendela kabin. Biasanya masker mata akan dibagikan grats untuk penumpang dalam perjalanan jarak jauh.

“Jika Anda terbang di malam hari dan ingin tidur nyenyak, redupkan semua lampu dan kenakan masker mata. Ini akan meningkatkan produksi melatonin tubuh yang akan membuat pusing dan membantu Anda tertidur," kata Max.

2. Kenakan pakaian yang tepat

Suhu di pesawat tidak dapat diprediksi. Untuk itu, jika hendak bepergian jauh, maka persiapkan diri dengan mengenakan pakaian yang tepat.

“Di pesawat, kita tidak pernah tahu seberapa panas atau dinginnya, jadi bersiap-siap dan mengenakan beberapa lapis pakaian yang lebih tipis untuk membantu kita mengatasi masalah ini,” kata Max.

“Ada juga penelitian kecil yang menunjukkan lebih sedikit terbangun saat tidur saat menggunakan kaus kaki. Kaus kaki tidur juga lebih nyaman daripada memakai sepatu, jadi patut dicoba.

3. Matikan perangkat elektronik

Anda bisa mematikan perangkat televisi yang berada di hadapan Anda. Selain itu juga mematikan perangkat elektronik lainnya bisa membantu anda untuk cepat tertidur.

“Jika Anda benar-benar menginginkan tidur yang nyenyak, akan lebih baik untuk tidak menonton film selama penerbangan itu atau menggunakan perangkat seluler sama sekali," kata dia.

4. Hindari alkohol

“Minum alkohol akan menurunkan kualitas tidur karena orang menghabiskan lebih sedikit waktu dalam tahap tidur Rapid Eye Movement. Artinya, saat bangun pun Anda akan merasa lelah dan lesu,” kata Max.

Selain alkohol, Max juga menyarankan penumpang tidak meminum obat tidur. Sebab, obat itu justru akan membuat seseorang tertidur secara tidak wajar.

5. Gunakan pink noise

“Meskipun penelitian tentang pink noise masih sedikit, itu menunjukkan hasil yang menjanjikan, dalam satu penelitian mendengarkan pink noise mengurangi waktu yang dibutuhkan orang untuk tertidur hingga 38 persen," kata Max.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait