Air Rebusan Mie Instan Bahya Dikonsumsi? Ini Penjelasannya

  • Arry
  • 10 Feb 2023 17:40
Merebus mie instan(ist/istimewa)

Mie instan merupakan salah satu kuliner yang banyak digemari. Rasanya nikmat dan juga memiliki beragam rasa.

Namun, ada anggapan bahwa jika memasak mie instan kuah, sebaiknya air rebusannya tidak dikonsumsi. Air rebusannya sebaiknya diganti sebelum dikonsumsi.

Air rebusan pertama itu disebut berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Apakah itu benar?

Dokter dan Ahli Gizi Masyarakat DR.dr. Tan Shot Yen, M. Hum, menjelaskan, warna air rebusan mie instan tidak membahayakan dan bisa dikonsumsi langsung bersama mie instan.

"Semua isi yang sudah masuk kemasan makanan dan teregister BPOM itu artinya sudah aman dan higienis menurut standar," kata Tan.

Baca juga
Cara Menikmati Mie Instan yang Sehat dan Tak Bikin Gendut

Mie instan terbuat dari tepung terigu, pati, air, garam, dan bahan lain sebagai penyedap rasa. Tidak ada kandungan zat berbahaya seperti lilin yang digunakan dalam pembuatan mie instan. Sehingga informasi yang beredar adalah mitos.

Selain itu, air rebusan mie instan keruh lantaran kandungan pati atau karbohidrat yang direndam dalam air akan membengkak dan pecah. Hal ini menyebabkan molekul pati keluar dari granula dan masuk ke dalam air rebusan.

Sementara itu, Guru Besar Depertemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Hardinsyah, menjelaskan, mie instan dibuat oleh tepung terigu yang mengandung asam folat yang baik untuk tubuh.

Air bekas rebusan mie instan itu ternyata tak hanya bermanfaat bagi tubuh manusia. Tetapi juga bisa menyuburkan tanaman.

Baca juga
Geger Makan Indomie 2 Porsi di Simpang Lima Semarang Disuruh Bayar Rp76 Ribu

"Jika Anda membuat pasta atau mie, jangan sia-siakan air rebusan bekas dengan menuangkannya ke saluran pembuangan. Sebaliknya, biarkan dingin, dan gunakan untuk menyirami tanaman Anda," kata Presiden organisasi nirlaba Food Tank, Danielle Nierenberg, dikutip dari Sajian Sedap.

Menurut Nierenberg, kandungan dalam air bekas rebusan mie instan bisa mendorong pertumbuhan tanaman dan bertindak sebagai pupuk.

Menyiram tanaman dengan air rebusan mie instan bisa jauh lebih baik dibanding dengan air biasa. Namun, harus diperhatikan, sebelum menyiram pastikan air rebusan itu sudah dingin.

Artikel lainnya: Tiket Masuk Candi Borobodur Bakal Naik Jadi Rp100.000-150.000, Turis Asing Rp500 Ribu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait