Usai 961 Ujian SIM dan Habiskan Rp200 Juta, Wanita Ini Akhirnya Lulus

  • Arry
  • 28 Mar 2023 20:32
Ilustrasi ujian SIM(@ablokh/unsplash)

Surat izin mengemudi alias SIM merupakan surat yang wajib dimiliki pengendara motor maupun mobil. Untuk mendapatkannya, seseorang wajib mengikuti rangkaian ujian SIM.

Tak hanya di Indonesia, ujian SIM juga berlaku di sejumlah negara. Bahkan di Korea Selatan, ada seorang wanita yang harus mengikuti ujian SIM hingga 961 kali hingga dinyatakan lulus.

Hal ini dialami Cha Sa Soon. Warga Desa Sinchon ini akhirnya mendapatkan SIM usai 961 kali mengikuti ujian dan menghabiskan dana ratusan juta.

Kisah Cha Sa Soon ini ditulis New York Times. Dalam artikel itu disebutkan kisah ini terjadi pada 2010.

Cha menyatakan bertekat untuk mendapatkan SIM yang didambakannya. Untuk itu, dia mengikuti belajar mengemudi di Sekolah Mengemudi Jeonbunk.

Selain itu, Cha juga mengikuti tes tertulis setiap hari selama lima hari seminggu selama tiga tahun berturut-turut. Tak hanya itu, Cha juga kerap mengikuti ujian praktik dan ujian mengemudi di jalan raya. Namun, dia gagal di masing-masing ujian tersebut.

"Aku tidak keberatan," kata Sa-soon.

"Bagi saya, berangkat setiap hari untuk mengikuti tes itu seperti pergi ke sekolah. Aku selalu merindukan sekolah," ujarnya.

Untuk mengikuti ujian-ujian SIM itu, Cha menghabiskan US$ 13.500 atau setara Rp 203 jutaan hingga mendapatkan SIM-ya. Pada ujian SIM ke-961, Cha akhirnya mendapatkan SIM tersebut.

"Ketika dia akhirnya mendapatkan SIM, kami semua bersorak dan memeluknya, memberinya bunga," kata Park Su-yeon, seorang instruktur di sekolah mengemudi tempat Cha belajar.

"Rasanya seperti beban besar jatuh dari punggung kami. Kami tidak punya nyali untuk menyuruhnya berhenti karena dia terus muncul," ujarnya.

Artikel lainnya: Resep Tempe dan Kurma Ala Zaidul Akbar, Obat Mujarab Sakit Maag

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait