11 Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi Agar Nyaman di Jalan

  • Arry
  • 5 Apr 2023 17:49
Tips persiapan mudik lebaran(daihatsu/daihatsu.co.id)

Mudik lebaran merupakan budaya yang tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan banyak yang menganggap lebaran tidak sah jika tidak dirayakan di kampung halaman.

Saat musim mudik tiba, sudah pasti jalanan bakal lumpuh akibat macet. Untuk itu butuh persiapan yang baik dalam menghadapi musim mudik.

Melansir laman Daihatsu, berikut tips mempersiapkan Mudik Lebaran dengan mobil pribadi:

1. Pastikan kondisi mobil prima

Sebelum digunakan untuk mudik, pastikan kondisi mobil yang akan digunakan dalam kondisi prima. Anda bisa melakukan perawatan dan pengecekan mobil secara keseluruhan di diler langganan Anda. Hal tersebut untuk menjaga mesin mobil prima dan tidak terganggu saat perjalanan, terutama saat macet.

Baca juga
Rekomendasi Mobil Baru Harga di Bawah Rp200 Juta Nyaman Untuk Mudik Lebaran 2023

2. Persiapkan kondisi fisik

Selain memastikan kondisi mobil, Anda juga harus mempersiapkan kondi fisik. Mengemudikan mobil pribadi, terutama dalam rute panjang dan jangka waktu yang lama membutuhkan kondisi fisik yang prima. Pastikan Anda beristirahat dengan cukup sebelum mudik. Dan jika sedang dalam keadaan berpuasa, sebaiknya saat menyetir disesuaikan dengan kondisi tubuh.

3. Bijak dalam membawa barang bawaan

Setelah itu, persiapan mudik yang penting adalah bijak dalam membawa barang bawaan. Anda perlu membatasi barang bawaan hingga jumlah penumpang. Hal ini untuk menjaga kenyamanan saat mudik.

4. Membawa uang tunai dan saldo e-Toll

Karena saat ini seluruh jalan tol menggunakan pembayaran elektronik, sebaiknya Anda mempersiapkan saldo di kartu e-Toll yang lebih. Selain itu, Anda juga perlu untuk membawa uang tunai. Karena tidak semua tempat peristirahatan memiliki pembayaran secara digital, contohnya ketika parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.

Baca juga
Ini Tarif Tol Jakarta-Cirebon, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta Via Trans Jawa

5. Menjaga daya baterai HP dan kuota internet

Selama perjalanan, Anda bisa menggunakan peta digital untuk memudahkan rute perjalanan. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga daya baterai Anda agar ponsel tidak mati tiba-tiba. Untuk menyiasati kondisi tersebut, Anda bisa menyiapkan power bank sebagai pengisi daya darurat. Selain itu, Anda perlu menyiapkan kuota internet.

6. Menyiapkan bekal

Menyiapkan bekal makanan dan minuman saat mudik dapat menghemat biaya pengeluaran. Karena biasanya makanan dan minuman yang dijual di luar memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, menyiapkan bekal dapat mencegah rasa lapar dan dehidrasi ketika menyetir mobil dengan jarak jauh.

7. Mempelajari rute

Sebelum mudik, Anda juga perlu mempelajari rute tujuan perjalanan Anda, Hal ini perlu Anda lakukan, agar perjalanan Anda lancar dan tidak terjebak macet. Atau salah informasi terhadap peraturan ganjil genap.

8. Menyiapkan anggaran

Menyiapkan anggaran mudik jauh-jauh hari sangat diperlukan apalagi jika membawa mobil pribadi. Anggaran untuk mudik dengan mobil pribadi terbilang lebih besar, karena Anda perlu mempersiapkan kondisi fisik, mobil, bekal, dan tempat penginapan apabila perjalanannya terlalu jauh.

Baca juga
Harga BBM Pertamina dan Shell Turun per 1 April 2023, Ini Daftar Lengkapnya

9. Memastikan kondisi bahan bakar selalu penuh

Persiapan mudik dengan mobil pribadi berikutnya yaitu, Anda harus memastikan tangki mobil Anda terisi penuh. Kondisi tersebut mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.

10. Menyiapkan tempat penginapan

Ketika perjalanan mudik Anda terlalu jauh, Anda perlu tempat penginapan untuk beristirahat. Hal ini juga dapat menghindari Anda dari tindak kejahatan pencurian barang seperti di rest area.

11. Membawa semua perlengkapan anak

Jika Anda mudik dengan si kecil, Anda perlu membawa semua perlengkapan anak Anda seperti diapers, tissue, botol minuman, makanan, mainan dan sebagainya.

Artikel lainnya: Ahmad Dhani Tagih Once Bukti Pembayaran Royalti 12 Tahun Nyanyikan Lagu Dewa 19

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait