5 Rekomendasi Rest Area Instagramable dan Unik di Jawa Tengah

  • Arry
  • 17 Apr 2023 14:56
Rest Area Jawa Tengah(pemprov jawa tengah/jatengprov.go.id)

Musim mudik Lebaran 2023 sudah dimulai. Mudik menggunakan kendaraan pribadi sangat menyenangkan. Perjalanan menuju kampung halaman merupakan salah satu hal yang mengasyikkan.

Saat dalam perjalanan, Anda disarankan untuk sesekali beristirahat di lokasi yang sudah disediakan, seperti rest area. Kini bahkan sudah ada sejumlah rest area yang menawarkan suasana berbeda.

Di Jawa Tengah, ada sejumlah rest area yang tak hanya sekedar menawarkan untuk mengisi bensin maupun mencari makan. Tetapi juga dilengkapi fasilitas lain seperti spot foto, wahana permainan, berbagai kuliner dan UMKM, masjid, serta sarana prasarana yang ramah bagi kaum difabel.

Melansir laman Pemprov Jawa Tengah, berikut lima rekomendasi rest area di Jawa Tengah yang Intagramable dan unik:

1. Rest Area KM 260B, Jalan Tol Pemalang-Pejagan

    Rest Area KM 260B, Jalan Tol Pemalang-Pejagan

Rest Area KM 260B ini dikenal dengan sebutan “Rest Area Heritage-Banjaratma”. Ya, karena tempatnya merupakan tempat pabrik gula Banjaratma. Di tiap sudut menawarkan spot unik dari bangunan.

Selain memiliki tempat makan yang beragam, rest area ini juga memiliki spot foto menarik, seperti tungku dan mesin gilas bekas pabrik gula, hingga wahana permainan seluncuran warna-warni yang disebut “Srodotan Donat”.

Tak kalah menariknya, di rest area ini juga ada pusat belanja UMKM Batik asli Jawa Tengah.

2. Rest Area KM 360B, Jalan Tol Semarang-Batang

    Rest Area KM 360B, Jalan Tol Semarang-Batang

Rest Area KM 360B merupakan salah satu rest area terbesar yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business. Tak perlu diragukan lagi, tempat ini memiliki fasilitas komplit seperti toilet, parkiran kendaraan besar, masjid, UMKM, pujasera, SPBU, mini zoo, kolam, dan taman bermain anak. Di rest area ini juga memiliki pengolahan sampah plastik yang mendukung konsep Go Green.

Kelebihannya, rest area ini berhasil mendapatkan rekor MURI sebagai rest area dengan fasilitas terlengkap.

3. Rest Area KM 429, Jalan Tol Semarang-Solo

    Rest Area KM 429, Jalan Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 429 memiliki banyak fasilitas dan berbagai macam kuliner khas daerah. Para pemudik dapat menikmatinya sembari melihat pemandangan panorama gunung Ungaran.

Di rest area ini juga memiliki masjid megah dengan kubah modern bulat berwarna merah dan corak kuning emas. Pada tahun 2019 Kementerian PUPR memberikan gelar sebagai “Rest Area Terbaik” yang memiliki fasilitas lengkap, salah satunya terdapat studio mini sebagai pusat informasi.

4. Rest Area KM 456, Jalan Tol Semarang-Solo

    Rest Area KM 456, Jalan Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 456 dikenal dengan sebutan Resta Pendopo. Tempat ini dapat terbilang sebagai rest area yang unik, dikarenakan memiliki “Sky Bridge” atau jembatan penghubung antara bangunan rest area di ruas kanan dan ruas kiri jalan tol.

Memiliki pemandangan gunung dan sawah membuat pengunjung dapat beristirahat dengan santai sembari menikmati udara segar. Bangunan di rest area KM 456 ini sekilas seperti arsitektur estetik yang terlihat di mal.

5. Rest Area KM 487, Jalan Tol Semarang-Solo

    Rest Area KM 487, Jalan Tol Semarang-Solo

Rest Area KM 487 dikenal dengan nama “Rest Area Bale Nglaras”. Terletak di Kabupaten Boyolali, di depan rest area terdapat patung sapi sebagai ikon dari Kota Susu.

Memiliki rooftop atau teras di atas membuat rest area ini menjadi unik. Para pengunjung dapat menikmati suasana sejuk saat sunrise maupun saat sunset. Tempat ini juga memiliki beragam fasilitas seperti area parkir untuk kendaraan kecil dan besar, toilet, masjid, pujasera, serta gerai ATM.

Demikian lima rest area Instagramable dan unik di Jawa Tengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait