Rekomendasi 5 Makanan Khas Arab Saudi yang Wajib Dicicipi Saat Ibadah Haji

  • Arry
  • 28 Mei 2023 13:52
Kuliner khas Arab Saudi Nasi Mandhi(ist/ist)

Musim Haji telah dimulai. Ribuan calon jemaah haji dari penjuru dunia, termasuk Indonesia, sudah mulai berdatangan ke Arab Saudi.

Selain beribadah, kita juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Arab Saudi. Sejumlah makanan mungkin terasa asing, namun rasanya sangat nikmat.

Melansir lifeinsaudiarabia, berikut rekomendasi makanan khas Arab Saudi yang wajib dicicipi di tengah ibadah haji:

1. Nasi Mandhi

Nasi Mandhi merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Arab Saudi. Kuliner ini mirip nasi kebuli. Namun, nasi mandhi memiliki rasa yang lebih khas.

Kuliner ini spesial karena terbuat dari beras basmati yang memiliki tekstur pulen dan dioleh dengan bumbu khas seperti adas, jintan, saffron, lada hitam, dan kayu manis. Sajian nasi mandhi ini akan lebih spesial saat disajikan dengan daging domba panggang atau daging ayam.

Baca juga
Banyak Diburu di Bulan Puasa, Ini Bedanya Nasi Kebuli dan Briyani, Jangan Ketukar

2. Muttabaq

Muttabaq merupakan kuliner khas Arab Saudi yang mudah ditemukan. Kuliner ini sejenis martabak, makanan di Indonesia, yang memiliki varian rasa. Biasanya Muttabaq disajikan sebagai makanan pembuka, sampingan, atau hidangan penutup.

3. Saleeg

Saleeg merupakan salah satu makanan khas Arab Saudi yang juga kaya akan rempah. Saleeg ini merupakan kuliner sejenis bubur yang dimasak dengan rempah dan kaldu ayam atau kambing beserta susu. Makanan ini mirip risotto dan biasanya disajikan di atas mangkuk dan diberi ayam di atasnya.

Baca juga
Resep Nasi Kebuli Sederhana, Nikmat dan Gurih Untuk Sajian Idulfitri

4. Hallaoumi Grilled

Hallaoumi merupakan kuliner khas Arab Saudi yang berbentuk lembaran dan bertekstur seperti keju. Makanan ini terbuat dari susu kambing atau domba atau bisa campuran keduanya.

5. Luqaimat

Luqaimat adalah makanan berbentuk bolat dan memiliki adonan seperti donat. Kuliner ini biasanya diolah dengan adonan tepung dan yoghurt dan digoreng. Di atasnya biasanya ditabur buji wijen, sirup kurma, atau sirup maple manis.

Artikel lainnya: Resep Sushi Unagi Khas Jepang, Mudah Diolah di Akhir Pekan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait