Viral Video Singa Putih di Ancol Kurus dan Jalannya Diseret, Ini Penjelasan Faunaland

  • Arry
  • 30 Mei 2023 17:40
Kondisi singa putih di Faunaland Ancol(@capturejakarta/instagram)

Sebuah video singa putih koleksi Faunaland, Ancol terlihat lemas. Tak hanya itu kondisi kesehatannya juga terlihat mengkhawatirkan lantaran jalannya harus diseret.

Video itu viral di media sosial. Dalam video itu terlihat seekor singat tengah berbaring di kandangnya. Tubuhnya terlihat kurus.

Saat berdiri, singa putih itu hanya menggunakan dua kaki depannya. Dia terlihat menyeret dua kaki belakangnya yang tak dapat menapak.

"Seekor singa putih di Faunaland Ancol terlihat lemas dan beberapa kali terjatuh," begitu narasi yang diunggah salah satu akun Instagram dikutip Selasa, 30 Mei 2023.

Baca juga
Destinasi Wisata Baru di Ancol: Jakarta Bird Land, Ini Harga Tiket dan Jam Buka

Pihak Faunaland Ancol langsung memberikan tanggapan atas viralnya kondisi koleksi singa miliknya.

"Kami dengan rendah hati meminta agar masyarakat tidak terburu-buru dalam membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang belum lengkap atau potongan video yang mungkin tidak mencerminkan realitas sebenarnya," tulis keterangan Faunaland.

"Sebaliknya masyarakat dapat mendukung Faunaland dalam upaya perawatan satwa cacat seperti dengan tidak menghakimi keadaan yang bukan kesalahan manapun namun memang kurang beruntungnya satwa-satwa tersebut yang lahir cacat," demikian keterangan tertulis Faunaland.

Faunaland menjelaskan, singa putih yang viral itu bernama Thori. Kondisinya bukan karena kurang perawatan, Faunaland menyatakan, Thori mengalami cacat bawaan yakni kondisi feline hip dysplasia.

Baca juga
Usai terjang Mobil Pengunjung, Begini Kondisi yang Dialami Singa Taman Safari

"Kami ingin menegaskan bahwa singa sedang dalam perawatan khusus karena cacat bawaan lahir (feline hip dysplasia), keadaan ini sayangnya hanya terjadi kepada Thori, di mana keluarga Thori singa-singa putih lain sangat sehat dan kondisi yang prima," kata Faunaland.

"Semua satwa cacat tersebut kami rawat dengan penuh kasih sayang dan pengobatan yang tidak murah," kata Faunaland.

Faunaland pun menegaskan, pihaknya memiliki dokter hewan, zoologis, dan perawat yang secara terus menerus merawat binatang koleksi mereka.

Artikel lainnya: Saat Oposisi PDIP Minta SBY Netral, Saat Berkuasa Dukung Jokowi Cawe-cawe di Pilpres

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait