Kisah di Balik Jokowi Kulineran di Bakmi Pak Pele: Pesan 100 Porsi, Bayar Rp3 Juta

  • Arry
  • 2 Jun 2023 09:49
Presiden Joko Widodo kulineran di warung Bakmi Pak Pele di Alun-Alun DI Yogyakarta(@jokowi/instagram)

Presiden Joko Widodo mengisi libur akhir pekan dengan mengunjungi DI Yogyakarta. Salah satu kegiatannya adalah kulineran di Bakmi Pak Pele di Alun-Alun Utara.

Jokowi datang bersama Ibu Iriana, serta Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono. Dalam kunjungannya pada Kamis, 1 Juni 2023 malam, orang nomor satu di Indonesia itu memesan 100 porsi bakmi.

Warung Bakmi Jawa Pak Pele ini dipilih Jokowi lantaran warung ini salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Warung Bakmi Jawa Pak Pele sudah berdiri sejak 1983.

Pemilik warung bernama Pele mengungkapkan, sebelum kedatangan Jokowi, dia diminta untuk menyiapkan 100 porsi bakmi Jawa. "Lebih dari 100 porsi," kata Pele.

Baca juga
5 Rekomendasi Nasi Pecel Legendaris di Yogyakarta, Murah Meriah dan Kenyang

Jokowi dan rombongan pun membawa alat makan sendiri. "Pak jokowi itu 3, trus si itu 3, yang bar dadi manten kemaren (Kaesang Pangarep), sama garwane (istrinya)," kata dia.

Pele menjelaskan, Jokowi memesan beberapa menu, namun porsinya minta lebih sedikit. Tujuannya, agar bisa mencicipi semua menu yang dipesan.

"Ya kalau Pak Jokowi tadi mintanya sego goreng bakmi goreng, tapi mintanya sedikit-sedikit supaya bisa merasakan semua," jelas Pele.

Berapa biaya yang dikeluarkan Jokowi dan rombongan?

Baca juga
Sejarah Bakpia Pathuk, Kuliner Asal China yang Jadi Oleh-oleh Khas Yogyakarta

"Kalau di porsi ini tadi saya bingung, saya cuman kira-kira, saya suruh mbayar Rp 3 juta, totalnya, tapi kan banyak sekali, minta duluan semua. Nah itu sing mahal harganya," ucap Pele.

Pele juga mengaku tidak canggung melayani Jokowi. Sebab, dia juga sudah sering menerima tamu pejabat.

"Ndak grogi, biasa. Dulu Megawati (Soekarnoputri) saya juga sudah pernah. Tapi dulu yang ngatur saya," katanya.


Minta Kosongkan Warung >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait