Kisah Unik Es Laksamana Mengamuk yang Disajikan Jokowi Untuk Anies, Ganjar, Prabowo

  • Arry
  • 31 Okt 2023 13:35
Es Laksamana Mengamuk(portal informasi indonesia/indonesia.go.id)

Presiden Jokowi mengajak tiga bakal capres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto makan siang bersama di Istana Kepresidenan. Salah satu yang disajikan adalah es laksamana mengamuk. Simak kisahnya.

Berbagai menu makanan disajikan dalam jamuan makan siang itu. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan menu makanan yang disajikan dalam jamuan makan siang Jokowi kepada tiga bakal capres tersebut.

"Menu makan siang Bapak Presiden dengan tiga bacapres hari ini di Istana Merdeka, Senin 30 Oktober 2023: nasi putih, soto Lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur asin, kaylan cah sapi, es Laksamana Mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula), dan jus jeruk," kata Ari kepada wartawan.

Salah satu menu yang disajikan yakni es laksamana mengamuk menarik perhatian. Sebab, namanya cukup unik.

Baca juga
5 Fakta Jamuan Jokowi ke Anies, Ganjar, Prabowo: Ada Ayam Kodok Hingga Batik Parang

Mengutip laman Indonesia.go.id, minuman es laksamana mengamuk adalah minuman khas Riau. Minuman ini memadukan mangga kuini dengan santan dan gula sebagai bahan utama.

Es laksamana mengamuk meang kerap disajikan untuk berbagai acara seperti berbuka puasa, dan perayaan hari besar lainnya di Riau.

Namun, ada kisah uang unik di balik es laksamana mengamuk ini. Konon, minuman ini lahir dari sebuah cerita tentang terjadinya konflik dalam keluarga. Dahulu seorang laksamana dikisahkan mengamuk di perkebunan kuweni. Perkebunan tersebut milik seorang tuan tanah.

Baca juga
3 Resep Es Campur Ala Sinar Garut, Menyegarkan Untuk Takjil

Laksamana sampai mengamuk akibat istrinya dibawa lari pemilik kebun kuweni itu. Akhirnya sang laksamana menebaskan pedangnya ke seluruh penjuru, sampai puluhan buah kuweni hancur oleh kemarahannya.

Usai sang Laksamana meluapkan kemarahannya, orang di sekitar kebun tersebut mengambil buah kuweni yang telah tercincang dan terhampar di rumput.

Saat mengambilnya orang-orang pada bingung, akan diapakan buah yang telah terpotong itu. Sampai kemudian ada seorang wanita yang mencampurkan potongan buah kuweni dengan santan serta gula merah.

Maka, jadilah minuman segar itu dan langsung dinikmati seluruh kampung. Itulah asal-usul kenapa minuman ini dinamakan es laksamana mengamuk.

Artikel lainnya: Daftar Lengkap Peraih Ballon d'Or 2023: Messi, Haaland, Bellingham Hingga Man City

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait