6 Manfaat Buah Semangka: Kontrol Tekanan Darah Hingga Cegah Kolesterol

  • Arry
  • 11 Nov 2023 19:16
Buah semangka(@estelar/unsplash)

Buah semangka belakangan tengah menjadi perbincangan. Buah ini digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan segar. Selain itu, semangka memiliki kadar air yang tinggi.

Ners Universitas Muhammadiyah Surabaya, Islam Syarifurrahman menjelaskan, buah semangka memiliki kandungan yang baik untuk tubuh semangka memiliki manfaat bagi kesehatan.

Mengutip laman resmi UM Surabaya, berikut enam manfaat semangka:

Pertama, mengontrol tekanan darah. Buah semangka terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah seperti kalium, serat, air, vitamin C, vitamin B, Vitamin A (karetinoid), vitamin K, licopein serta asam amino sitrulin. Kalium pada semangka menyebabkan vasodilatasi mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar sehingga terjadi penurunan resistensi perifer.

Kedua, menurunkan kolesterol. Bagi seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi dan suka makan cemilan manis, Semangka dapat menjadi cemilan pengganti karena memiliki kandungan serat yang tinggi serta lemak jenuh yang rendah, likopen kandungan tersebut memiliki sifat penurun lipid serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

Ketiga, menjaga kesehatan ginjal. Buah semangka memiliki kandungan kalium yang bermanfaat membersihkan zat racun pada ginjal. Manfaat lain juga dapat mengurangi kadar asam urat yang bisa menekan risiko pada pembentukan batu ginjal.

Keempat, menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium dalam semangka dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Kelima, menjaga kesehatan mata. Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan likopen yang membantu menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah risiko menurunnya pada kemampuan pengelihatan akibat faktor usia.

Keenam, menjaga kesehatan pencernaan. Semangka mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Artikel lainnya: Selamat! Aurel Hermansyah Lahirkan Anak Kedua di Tanggal Cantik 11.11

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait