Waspada! Pneumonia Misterius Asal China Sudah Masuk Jakarta

  • Arry
  • 5 Des 2023 12:10
Ilustrasi Pneumonia mycoplasma(@filaden/unsplash)

Kasus pneumonia misterius yang diduga dari bakteri mycoplasma telah masuk ke Jakarta. Penyakit ini telah menggemparkan China beberapa bulan terakhir.

"Sudah ada di Jakarta," kata Staf Teknis Komunikasi Kemenkes, dr Ngabila Salama, Selasa, 5 Desember 2023.

"Kami sedang himpun datanya dari RS-RS lain dan meningkatkan kewaspadaan serta pelaporan," ujarnya.

Ngabila menjelaskan, saat ini kasus pneumonia pada anak di Jakarta juga tengah meningkat. Untuk mendeteksi apakah penyakit itu pneumonia mycoplasma atau bukan, harus ada pemeriksaan PCR.

"Beberapa dokter terutama dokter anak melakukan pemeriksaan PCR untuk mengetahui spesifik kuman penyebab pneumonia untuk memberikan terapi yang spesifik dan mencegah resistensi antibiotik karena digunakan berlebihan," jelas Ngabila.

"Pemeriksaan PCR ini bukan kewajiban karena dilakukan secara mandiri/berbayar. Dari pemeriksaan PCR ini dapat dilihat apa penyebab pneumonianya karena virus, atau bakteri, atau bakteri atypical seperti mycoplasma ini," kata Ngabila.

Kasus pneumonia mycoplasma kini tengah meledak di kota-kota besar di China seperti Beijing. Penyakit ini mulai terdeteksi pada Mei 2023 dan menyebabkan banyaknya anak-anak yang harus dilarikan ke rumah sakit.

Mycoplasma pneumoniae adalah bakteri yang menginfeksi paru-paru.

Artikel lainnya: Manfaat Makan Makanan Pedas: Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait