Manfaat Makan Makanan Pedas: Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

  • Arry
  • 4 Des 2023 20:02
Ilustrasi makan makanan pedas(@piksel/pixabay)

Makanan pedas sangat digemari sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain cita rasanya, menyantap makanan pedas juga menambah nikmat suatu makanan.

Bahkan saking gemarnya dengan makanan pedas, masyarakat kini berlomba meningkatkan level kepedasan suatu makanan.

Membahas soal makanan pedas, kita tentu membahas senyawa capsaicin yang terkandung dalam buah cabai. Zat ini membuat seseorang merasakan sensasi terbakar yang Anda rasakan setelah memakannya.

Meski demikian, capsaicin juga dapat memiliki banyak manfaat. Seperti meringankan rasa sakit dengan menghabiskan pasokan tubuh Zat P, neurotransmiter yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Melansir dari Piedmont, Haley Robinson, ahli diet klinis di Rumah Sakit Pinemont Atlanta, mengungkapkan enam manfaat dari capsaicin yang terkanding pada cabai:

  • Penurunan berat badan

Makanan pedas dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan studi, orang mengonsumsi sekitar 75 kalori lebih sedikit setelah makan makanan pedas dibanding makanan hambar.

“Capsaicin membantu meningkatkan suhu inti Anda, meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori lebih cepat," ujar Robinson

  • Mengurangi depresi

Capsaicin juga dapat bekerja sebagai endorfin. Zat endorfin ini muncul sebagai respons terhadap panas, yang disalahkan sebagai rasa sakit. Hal Ini membuat Anda merasa lebih baik dan dapat mengurangi risiko depresi atau stres.

  • Mencegah kanker

Capsaicin juga dapat bekerja sebagai antioksidan, melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

  • Mengurangi penyakit jantung

Capsaicin terbukti dapat membantu melawan peradangan, mengurangi efek merusak dari low-density lipoprotein (LDL) penyebab kolesterol jahat.

"Vitamin A dan C yang ditemukan di tanaman cabai dapat membantu memperkuat dinding otot jantung, dan panasnya paprika meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda," kata Robinson.

  • Meningkatkan cairan pencernaan

Capsaicin juga bisa meningkatkan cairan pencernaan di perut. Peningkatan cairan pencernaan dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan meredakan diare.

  • Membantu nyeri rematik atau neuropatik.

Capsaicin juga bisa bekerja sebagai analgesik dan dapat digunakan untuk membantu nyeri rematik atau neuropatik.

Artikel lainnya: 6 Ciri-ciri WhatsApp Anda Disadap Orang Lain

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait