6 Ciri-ciri WhatsApp Anda Disadap Orang Lain

  • Arry
  • 3 Des 2023 11:59
WhatsApp(Webster2703/pixabay)

WhatsApp sudah menjadi aplikasi penting dalam percakapan daring. Namun tanpa kita ketahui, akun WhatsApp kita ternyata disadap atau dipantau orang lain.

Sebenarnya ada cara mudah mengetahui akun WhatsApp kita disadap orang lain. Berikut 6 ciri-cirinya:

  1. Terdengar Suara Aneh Saat Telepon
    Saat menggunakan fitur telepon WhatsApp, Anda mendengar suara aneh seperti suara orang lain dari jarak jauh hingga suara gema. Waspadalah jika menemukan tanda seperti ini.
  2. Dapat Pesan Aneh
    Ciri lainnya untuk mengetahui akun WhatsApp disadap adalah kerap menerima pesan dari orang tak dikenal. Isi pesan bisa berupa kata-kata yang tak jelas, pesan bersandi atau dengan kode, atau mungkin link ke situs tertentu.
  3. Terjadi Aktivitas Aneh
    Jika Anda mengalami hal yang tak wajar saat menggunakan HP, seperti pesan terhapus sendiri hingga mengirim pesan sendiri, hal itu sudah pasti WA anda disadap.
  4. Baterai Ponsel Cepat Habis dan Panas
    Ciri lainnya adalah baterai ponsel yang cepat habis dan . HHal ini terjadi apabila beban berat dari sebuah aplikasi yang tak menutup sebuah aplikasi pemantau WhatsApp anda.
  5. Pulsa atau Kuota Tersedot
    Orang yang meretas WhatsApp dapat memanfaatkan HP untuk kepentingan sendiri. Misalnya menggunakan pulsa atau data dalam jumlah yang besar.
  6. Tersambung di Device Lain
    Ciri terakhir adalah akun WhatsApp tersambung di device lain. Anda dapat mengeceknya di 'Linked Device', jika akun anda tersambung dengan device lain padahal tidak anda lakukan, maka segera log out.

Cara Menangani dan Mencegah WhatsApp Disadap

  1. Login Ulang WhatsApp
    Segera login ulang ke akun WhatsApp Anda. Dengan melakukan login ulang, anda akan menerima kode OTP terbaru ke nomor HP anda. Segera masukkan kode OTP tersebut dan secara otomatis akan membuat semua perangkat yang terhubung akan dikeluarkan.
  2. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
    Setelah itu, aktifkan verifikasi 2 langkah untuk meningkatkan keamanan akun. Caranya: Masuk ke Settings > Account > Two-step verification. Lalu masukkan PIN dan alamat email.
  3. Cek Perangkat Terhubung Secara Berkala
    Cek perangkat Anda secara berkala dengan mengetuk tiga di kanan atas, masuk ke 'Linked device'. Pastikan tidak ada perangkat asing yang ada di daftar. Jika ada, segera logout dan login ulang.
  4. Matikan GPS Location
    Matikan GPS Location di pengaturan ponsel. Hal ini dapat mencegah orang lain memantau keberadaan Anda. Dalam pengaturan 'Privacy' di WA, pastikan tidak ada live location yang dibagikan kepada orang lain. Jika ada, segera matikan!
  5. Lindungi Alamat IP
    Anda bisa melindungi alamat IP lewat Settings > Privacy > hidupkan 'Protect IP address in calls'. Namun cara ini mungkin akan menurunkan kualitas suara telepon.

Artikel lainnya: BI Tarik Rp1000 Kelapa Sawit dan Rp500 Bunga Melati dari Peredaran

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait