Dokter Angkat 300 Batu Ginjal dari Tubuh Wanita yang Tak Suka Minum Air Putih

  • Arry
  • 18 Des 2023 11:56
Lebih dari 300 batu ginjal dikeluarkan dari tubuh wanita berusia 20 tahun di Taiwan(chi mei hospital/chi mei hospital)

Tim dokter dari Rumah Sakit Chi Mei di tainan, Taiwan, berhasil mengeluarkan ratusan batu ginjal dari tubuh seorang wanita berusia 20 tahun. Bagaimana kisahnya?

Melansir ET Today, seorang perempuan bernama Xiao Yu dilarikan ke RS Chi Mei. Saat itu dia mengeluhkan mengalami demam dan nyeri hebat di punggung bawahnya.

Hasil rontgen menunjukkan, ada ratusan butir irip kelereng di ginjalnya. Barang tersebut diduga adalah batu ginjal kecil.

Untuk diketahui, batu ginjal terjadi akibat adanya endapan keras dari mineral dan garam asam dalam urine yang terkonsentrasi. Batu ginjal ini dapat menyakitkan saat melewati saluran kemih, tetapi biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen.

Baca juga
Viral Video Jengkol Bisa Bikin Sakit Ginjal, Ini Faktanya

Tim dokter kemudian memberikan antibiotik dan melakukan operasi untuk menghilangkan batu ginjal tersebut. Berdasarkan keterangan tim medis, batu ginjal itu mirip dengan “roti kukus kecil”.

Setelah operasi dilakukan, tim dokter menemukan ada lebih dari 300 batu ginjal dari tubuh Xiao Yu. Ukurannya berkisar 0,5 cm hingga 2 cm.

Dalam keterangannya, Xiao Yu diketahui tidak doyan minum air putih. Dia lebih memilih meminum minuman manis. Hal ini membuat tubuhnya mengalami dehidrasi kronis dan penumpukan mineral di ginjalnya.

Terkait kasus ini, ahli urologi di Rumah Sakit Chi Mei, Lin Tsai-yang, mengimbau agar masyarakat lebih banyak minum air putih agar tubuh dapat memproses asupan zat seperti gula, garam, dan kalsium secara baik. Dia menjadikan Yu sebagai contoh nyata dari bahayanga kekurangan minum air putih.

Artikel lainnya: Hasil Liga Inggris: Man United Tahan 34 Tembakan Liverpool, The Reds Digusur Arsenal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait