Wasiat Dokter Lo, Dokter Dermawan Asal Solo Sebelum Meninggal Dunia

  • Arry
  • 10 Jan 2024 09:11
Dokter Lo Siaw Ging, dokter dermawan asal Solo, meninggal dunia(ist/ist)

Dokter Lo Siaw Ging, dokter dermawan asal Solo, Jawa Tengah, meninggal dunia. Sebelum mengembuskan napas terakhir, dokter yang kerap menggratiskan layanan pengobatan itu sempat meninggalkan pesan.

Dokter Lo meninggal dunia pada Selasa, 9 Januari 2024 di RS Kasih Ibu Solo. Dia dirawat di ruah sakit sejak awal Januari.

Tokoh Tionghoa Solo, Sumartono Hadinoto atau dikenal Martono mengatakan, dokter Lo adalah dokter yang sangat sosial. Dia bahkan selalu melontarkan pesan, kalau mau kaya jangan jadi dokter.

"Kalau kita orang Solo dan sekitarnya tahu bahwa dokter Lo adalah dokter yang sangat-sangat sosial. Bahkan dia selalu menyampaikan satu hal yang selalu saya ingat kalau mau kaya jangan jadi dokter," katanya.

Baca juga
Dokter Lo, Dokter Dermawan Asal Solo Meninggal Dunia

"Itu pesannya ayahnya dulu ke dokter Lo. Kalau mau kaya jadi pebisnis. Kalau jadi dokter itu melayani orang banyak, berbagi melayani orang-orang banyak dibidang kesehatan. Jadi tidak perlu memikirkan uang yang penting bisa malayani orang menjadi sehat," tuturnya.

"Kalau kita lihat dokter Lo itu mulai dari RS dr Oen Kandang Sapi kemudian pindah ke Kasih Ibu. Dengan adanya dokter Lo terus berkontribusi nyata. Hampir pasien yang berobat digratiskan sama dokter Lo," ungkap dia.

Dokter Lo pernah menjabat sebagai Dirut RS Kasih Ibu Solo pada perioe 1981-2004. Usai pensiun, dokter Lo membuka layanan pasien di rumahnya di Jagalan, Jebres, Solo.

"Setiap hari buka praktik di rumah pagi dan sore. Dan pasien bukan main banyaknya. Beliau itu siapapun tidak pandang bulu semua dibantu sampai sehat kalau perlu dibelikan obat. Iya gratis," kata Martono.

Martono mengaku terakhir kali bertemu dokter Lo sekitar satu bulan yang lalu. Saat itu dokter Lo sepat mengeluarkan wasiat soal keinginan dimakamkan secara sederhana jika meninggal dunia.

"Kira-kira sebulan yang lalu (bertemu dokter Lo). Kalau saya (dokter Lo) meninggal dimakamkan secara sederhana saja. Petinya minta warna putih. Dan semuanya minta tolong ke saya waktu itu," ungkap dia.

Artikel lainnya: Dilaporkan ke Bawaslu, Anies: Hanya Kutip Ucapan Pak Jokowi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait