Ridwan Kamil Siap Maju Pilpres 2024, Merapat ke PAN?

  • Arry
  • 6 Okt 2021 12:40
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(ridwankamil/instagram)

Ridwan Kamil menyatakan siap bertarung dalam pesta demokrasi tingkat nasional. Gubernur Jawa Barat itu pun mengaku sudah mengincar partai apa yang bakal menjadi kendaraan politiknya pada Pilpres 2024 nanti.

Hal tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat hadir dalam Lokakarya Nasional DPP PAN yang digelar di Nusa Dua, Bali pada Selasa (5/10).

"Memang selama dua kali Pilkada saya belum berpartai seperti nasihat dari ibu saya. Tapi selanjutnya apakah periode kedua Gubernur lagi atau ada tawaran ke nasional itu saya sudah istikharahkan untuk akan berlabuh di salah satu partai," ujarnya.

Meskipun demikian, pria yang akrab disapa Kang Emil itu belum mau memberitahu bakal berlabuh di partai politik apa untuk menjadi mengikuti Pilpres 2024.

"Partainya tentunya masih saya pikirkan baik-baik, salah satunya mungkin juga Partai Amanat Nasional yang mengundang saya di Bali ini," ujarnya.

"Terlalu jauh untuk disimpulkan sekarang, tapi kalau auranya bagus seperti tadi ya membesarkan hati, kira-kira begitu bahwa jodoh-tidak jodoh tidak sesederhana penglihatan seperti sekarang. Nanti tunggu di detik-detik akhir," katanya.

Menurut mantan Wali Kota Bandung itu, dalam beberapa bulan terakhir, sudah intens berkomunikasi dengan sejumlah partai politik. Termasuk bertemu pimpinan parpol seperti Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

"Semua partai sudah ketemu dan semua membicarakan kerja sama pembangunan Indonesia lewat Jawa Barat. Mungkin relevannya terkait 2024 itu nanti pada 2022 baru mulai agak panas," katanya.

Dalam acara Bimbingan Teknis PAN, hadir pula sejumlah narasumber seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Tujuan bimbingan teknis ini bagi anggota parlemen adalah dalam tugasnya agar dapat menghasilkan kebijakan publik yang sungguh-sungguh bisa memperbaiki keadaan masyarakat yang lebih baik, lebih akur dan harmonis," kata Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait