Banjir Terjang Wajo Sulawesi Selatan, Ketinggian Air Hingga 3 Meter

  • Arry
  • 4 Mei 2024 10:35
Banjir terjadi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Ribuan rumah terendam air dengan ketinggian hingga tiga meter(humas/bnpb)

Banjir menerjang 33 desa di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Banjir ini dipicu hujan deras yang berlangsung sejak Jumat, 3 Mei 2024 pukul 03.03 Wita dini hari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan, banjir terjadi pada tiga kecamatan di Kabupaten Wajo, Sulsel, yakni Kecamatan Keera, Kecamatan Pitumpanua, dan Kecamatan Tempe.

"Ketinggian air berkisar antara 30 sentimeter sampai dengan tiga meter," kata Abdul Muhadri, dalam keterangan tertulis yang diterima Newscast.id, Sabtu, 4 Mei 2024.

BNPB menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir kali ini. Pihak BPBD Kabupaten Wajo melaporkan 255 KK atau 655 jiwa di Kecamatan Keera terdampak. Sementara itu jumlah warga terdampak di Kecamatan Pitumpanua dan Kecamatan Tempe masih dalam pendataan.

Untuk sementara, kerugian materil di Kecamatan Keera telah berhasil didata antara lain 215 unit rumah terdampak, tiga rumah hanyut, SMP Satap 4 dan SDN Lompoe 397 rusak berat, 30 hektar sawah terdampak, dan satu kilometer jalan tergenang banjir.

Personel BPBD Kabupaten Wajo masih berusaha mencapai titik lokasi banjir di Kecamatan Pitumpanua dan Tempe. Personil menghadapi kendala akses jalan yang sulit dilalui serta listrik yang padam.

Seiring dengan cuaca yang masih turun hujan hingga malam hari ini, tim gabungan terus melakukan pemantauan kondisi terkini serta upaya penyelamatan dan evakuasi warga. Adapun kebutuhan mendesak saat ini adalah pemenuhan kebutuhan permakanan bagi warga terdampak.

Artikel lainnya: Jepang Juara Piala Asia U-23 Usai Drama Injury Time Hingga 90+18

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait