Sindir Luhut Soal Pandemi Covid-19, Susi: Katanya Kemarin Terkendali

  • Arry
  • 16 Jul 2021 13:25
Susi Pudjiastuti(Kementerian Kelautan dan Perikanan/kkpgoid)

Susi Pudjiastuti menyindir Luhut Binsar Pandjaitan. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu mengkritisi soal laju kasus Covid-19 yang makin tak terkendali.

Sindiran itu disampaikan Susi di akun Twitternya, @susipudjiastuti, Kamis (15/7/2019). "Katanya kemarin terkendali," cuit Susi saat membalas unggahan berita dari akun @kumparan.

Cuitan Susi Pudjiastuti (Twitter @susipudjiastuti)

Dalam berita yang dikomentari Susi, Luhut menyebut, laju kasus Covid-19 varian Delta di Indonesia sudah tidak terkendali. Varian ini, menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu, bahkan sudah mendominasi Pulau Jawa.

"Nah ini saya mohon supaya kita paham, bahwa varian Delta ini varian yang tidak bisa dikendalikan," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7).

Menurut studi, lanjut Luhut menyatakan varian Delta 6 kali lebih menular dari varian Alpha. "Varian Delta ini, menurut yang saya baca, itu lebih hampir atau sekitar 6 kali lebih cepat dari varian alpha. Atau PSBB 1 dengan PSBB 2," kata dia.

"Ini dari studi yang saya tahu apakah 5 kali atau 6 kali tergantung siapa yang meneliti, tapi yang jelas jauh lebih dahsyat dari varian Alpha yang sebelumnya," imbuh Luhut.

Pernyataan Luhut ini berbeda dibanding tiga hari sebelumnya. Pada Senin (12/7), Luhut menyatakan, kasus Covid-19 di Indonesia terkendali.

Luhut bahkan menantang bagi siapa saja yang tidak sepakat untuk menghadapnya. Dia akan memberikan data situasi Covid di Indonesia terkendali.

"Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali. Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya, nanti saya tunjukin ke mukanya bahwa kita terkendali, jadi semua kita laksanakan," kata Luhut, Senin (12/7).

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 Nasional pada Kamis (15/7), jumlah kasus positif bertambah 56.767 kasus. Seentara yang sembuh sebanyak 19.049 pasien. Sedangkan pasien yang meninggal tercatat 982 orang.

Dengan penambahan itu, kasus positif di Indonesia tercatat ada 2.726.803 kasus. Sementara 2.176.412 orang telah dinyatakan sembuh. Jumlah kematian tercatat 70.192 kasus. Kasus Covid aktif bertambah menjadi 480.199 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait