Kebijakan Covid Berubah-ubah, Luhut: Penyakitnya Tak Konsisten, Pemerintah Konsisten

  • Arry
  • 9 Nov 2021 07:48
Luhut Binsar Pandjaitan(humas/Youtube)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan pemerintah terus mewaspadai munculnya varian Delta AY.4.2 atau delta plus di Malaysia.

Untuk mengantisipasinya, menurut Luhut, tidak menutup kemungkinan jika akan kembali memperpanjang kebijakan masa karantina pelaku perjalanan dari luar negeri menjadi tujuh hari. Saat ini masa karantina selama tiga hari.

“Jadi bukan tidak mungkin nanti kalau ada orang datang dari luar, bisa mungkin karantinanya naik menjadi 7 hari. Ini juga tidak tertutup kemungkinannya,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin, 8 November 2021.

Luhut menjelaskan, varian Delta AY.4.2 lebih ganas penularannya dibanding varian sebelumnya. Hal inilah yang menyebabkan kenaikan kasus harian di beberapa negara.

Menurut Luhut, dalam penanganan pandemi ini, pemerintah sangat berhati-hati menerapkan kebijakan. Setiap keputusan harus dilakukan dengan mempertimbangkan pergerakan manusia dan juga kenaikan kasus.

“Ini sekarang seperti science and art. Jadi memutuskan ini seperti operasi militer, kita melihat dengan cermat. Jadi jangan ada pikiran ke mana-mana, ini kok berubah-ubah. Tidak begitu,” kata dia.

“Jadi saya mohon teman-teman di luar jangan ada pikiran sana sini tidak konsisten pemerintah, itu jauh dari itu. Kami sangat konsisten. Yang tidak konsisten itu adalah penyakitnya,” kata Luhut.


Selanjutnya varian Delta Plus belum ditemukan di Indonesia >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait