Tangki Kilang Pertamina Cilacap Terbakar Diduga Gegara Tersambar Petir

  • Arry
  • 13 Nov 2021 22:37
Tangki Pertalite di Kilang Pertamina Cilacap Terbakar(tangkapan layar/ist)

Satu tangki kilang minyak di area Pertamina Refinery Unit (RU), Cilacap, Jawa Tengah, terbakar, Sabtu, 13 November 2021. Kebakaran terjadi di tangki berisi pertalite.

Sebelum api melahap tangki pertalite, wilayah Cilacap dilanda hujan lebat disertai petir. Banyak warga yang menduga kebakaran akibat sambaran petir. Karena saat petir menggelegar, tak lama tangki di kilang Cilacap terbakar.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, menyatakan, penyebab kebakaran masih diselidiki. "Belum diketahui penyebab kebakaran," kata Ifki, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga
Kilang Pertamina Cilacap Terbakar

Objek yang terbakar adalah tangki 36T102 yang berisi Pertalite dengan volume maksimal 39.000 KL. Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.20 WIB.

Ifki menjelaskan, pihaknya masih berupaya memadamkan api dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar. Sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran.

Pertamina juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman. Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait