Bikin fadli Zon Ditegur Prabowo, Sudah 3 Pekan Banjir di Sintang Masih Setinggi 3 M

  • Arry
  • 16 Nov 2021 09:55
Kondisi Banjir di Sintang, Kalimantan Barat(humas/bnpb)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB menyatakan Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, masih terendam banjir 1 hingga 3 meter. Banjir ini terjadi sejak 21 Oktober 2021.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB , Abdul Muhari, menjelaskan, ketinggian air itu berdasarkan pantauan hingga Senin, 15 November 2021 pukul 16.30 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang menyatakan, banjir hanya surut 50 cm di beberapa lokasi. Sementara, prakiraan cuaca BMKG menyatakan wilayah Kecamatan Kayan Hilir dan Sintang masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga Selasa, 16 November 2021.

Abdul Muhari menjelaskan, berdasarkan data per Senin (16/11), jumlah warga terdampak mencapai 35.807 KK atau 124.497 jiwa. Sedangkan mereka yang mengungsi berjumlah 7.545 KK atau 25.884 jiwa. Warga yang mengungsi tersebar di 32 pos pengungsian.

Baca Juga
Disindir Fadli Zon, Begini Kondisi Banjir di Sintang yang Sudah Berlangsung 3 Pekan

BPBD Kabupaten Sintang menyampaikan, terus melakukan pelayanan kepada warga terdampak, khususnya di pos pengungsian. Pos pengungsian didukung oleh pos lapangan yang tersebar di 5 titik.

Kendali penanganan darurat berada di bawah pos komando (posko) yang berada di Kantor BPBD Kabupaten Sintang. Untuk mendukung pelayanan makan dan minum para penyintas, posko mengoperasikan 36 dapur umum di 12 kecamatan yang terdampak banjir.

Peristiwa banjir di Kabupaten Sintang ini terjadi sejak 21 Oktober. Banjir melanda setelah hujan ekstrem mengguyur sehingga debit air Sungai Kapuas dan Melawi meluap.

Tak hanya itu, pada bagian hilir, pasang laut terjadi sehingga aliran sungai terhambat dan banjir bertahan hingga kini.

Sebanyak 12 kecamatan terdampak banjir. Ke-12 kecamatan itu adalah Kecamatan Kayan Hulu, Kayan Hilir, Sintang, Binjai Hulu, Tempunak, Kelam Permai, Sei Tebelian, Ketungau Hilir, Sepauk, Dedai, Serawai dan Ambalau.


Selanjutnya viral usai Fadli Zon sindir Presiden Jokowi >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait