Kalahkan Said Aqil Siradj, Yahya Cholil Staquf Resmi Jadi Ketua PBNU

  • Arry
  • 24 Des 2021 11:25
Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya(nu online/nu.or.id)

Yahya Cholil Staquf resmi terpilih menjadi Ketua Umum PBNU periode 2021-2026. Dalam pemilihan secara voting, Yahya Staquf mengalahkan petahana, Said Aqil Siradj.

Pemilihan Ketua Umum PBNI digelar di GSG Universitas Lampung, Jumat, 24 Desember 2021. Pemilihan ketua umum berlangsung terbuka dan disiarkan secara virtual.

Pemilihan berlangsung dua tahap. Tahap pertama pemilihan bakal calon ketua umum. Dalam pemilihan pertama Yahya Staquf unggul telak 327.

Pemilihan berlanjut pada pemilihan calon ketua umum. Dalam tahap ini, Yahya Staquf kembali meraih suara terbanyak. Dia mengoleksi 337 suara. Sedangkan Said Aqil, selaku petahana, hanya meraih 210 suara.

Seelum pemilihan, Yahya Staquf mengungkapkan visi misinya dalam memimpin NU lima tahun ke depan.

"Visi saya untuk memimpin NU ini adalah menghidupkan Gus Dur. Ini saya sudah nyatakan berulang-ulang. Jadi saya sampaikan kepada PWNU, PCNU se-Indonesia bahwa apa yang ingin saya lakukan yaitu visi saya dalam memimpin NU lima tahun ke depan ini bisa dinyatakan dengan sikap menghidupkan Gus Dur," kata Yahya Staquf pada Kamis, 23 Desember.

"Saya ingin Nahdlatul Ulama sebagai organisasi ini sungguh-sungguh bisa berfungsi dan dirasakan kehadirannya sebagai mana dulu kita semua menikmati fungsi dan meradakan kehadiran Gus Dur," ujarnya.

"Apa yang dibawakan oleh Gus Dur visinya, kinerjanya, saya bisa yakinkan bahwa itu semua harus dan bisa diproyeksikan menjadi konstruksi organisasi dan ini harus dibangun ke depan," ujar Yahya.


Selanjutnya doa Said Aqil untuk Yahya Staquf >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait