Kronologi Bus Pariwisata Hantam Bukit Bego Bantul, 12 Orang Tewas

  • Arry
  • 7 Feb 2022 00:13
Kecelakaan maut bus hantam Tebing Bego Bantul, Yogyakarta(ist/ist)

Sebuah kecelakaan maut yang melibatkan bus pariwisata terjadi di Bukit Bego, Pedukuhan, Kedungbuweng, Bantul, Yogyakarta, Minggu, 6 Februari 2022 pukul 14.00 WIB. Sebanyak 12 orang tewas di lokasi.

Kasatlantas Polres Bantul, AKP Gunawan Setiyabudi, mengatakan, bus pariwisata GA Trans bernopol AD 1507 itu mengangkut 40 orang dari Solo. Bus melaju dari Dlingo dan melintas ke arah Imogiri. Diduga bus akan menuju ke pantai.

"Bus rombongan dari Solo, rencana dari Dlingo mau ke Parangtritis. Pada saat menuju Imogiri terjadi kecelakaan tunggal sehingga beberapa korban meninggal dunia," kata Gunawan.

Menurutnya, polisi masih menyelidiki kejadian tersebut. Namun, diduga bus mengalami rem blom dan sopir tak bisa mengusai kendaraan.

Bus meluncur dan tidak terkendali. Sementara di sisi kiri jalan adalah jurang dan sopir bus akhirnya memilih menghantam tebing daripada terjun ke jurang.

"Kalau kejadiannya bus dari atas lalu turun ke bawah dan menghantam pembatas jalan sampai akhirnya terjadi laka," kata Gunawan.

Kecelakaan maut bus hantam Tebing Bego Bantul, Yogyakarta

Akibat kecelakaan ini, kondisi bus porak poranda. Korban tewas langsung dibawa ke rumah sakit.

Berdasarkan data sementara, korban tewas di Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS) Bantul ada tujuh orang. Mereka diduga sudah meninggal di lokasi. Sementara korban luka ringan ada tujuh orang, dua luka sedang dan empat orang luka berat.

“Total ada 20 orang yang ada di RS Panembahan Senopati, tujuh meninggal, tujuh luka ringan, dua luka sedang dan dua luka sedang dan empat luka berat,” kata Kasubag Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSPS Bantul, Siti Rahayuningsih.

Korban juga ada yang dibawa ke RS PKU Muhammadiyah Bantul. Di rumah sakit ini tercatat ada lima penumpang yang meninggal dunia. Sedangkan yang menjalani perawatan medis ada 11 orang.

“Ada 11 yang dirawat dan lima orang meninggal dunia,” kata Ashari, petugas IGD RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Beberapa korban kecelakaan lainnya dilarikan ke RS Nur Hidayah. Sedangkan korban luka ringan di Puskesmas Imogiri.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait