Ini Tujuan Ritual Berujung Maut di Pantai Payangan Jember: Cari Berkah Nyi Roro Kidul

  • Arry
  • 14 Feb 2022 20:38
Ritual di Pantai Payangan di Jember, Jawa Timur membawa petaka, 11 orang meninggal terseret ombak(ist/ist)

Polisi mengungkapkan hasil pengusutan kasus ritual maut di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur. Ritual maut yang digelar kelompok Tunggal Jati Nusantara pada 13 Februari 2022 itu menewaskan 11 orang.

Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, menjelaskan, ritual itu digelar dengan tujuan untuk membersihkan diri.

"Selain itu mendapatkan berkah dari Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Indikasinya aliran Kejawen, karena saat ritual seringkali membacakan doa-doa dalam bahasa Jawa,” kata Hery dilansir dari beritajatim, Senin, 14 Februari 2022.

Baca Juga
Kronologi Ritual Maut di Pantai Selatan Jember yang Sebabkan 11 Tewas Terseret Ombak

Hery menjelaskan, ritual digagas Nurhasan, Ketua Padepokan Tunggal Jati Nusantara. “Yang bersangkutan masih menjalani perawatan di RS Daerah dr. Soebandi,” jelasnya.

Menurut Hery, kelopok Tunggal Jati Nusantara memiliki anggota sekitar 100 orang. Kelompok tersebut mmeiliki kegiatan ritual zikir dan pengobatan. Namun saat ritual di Pantai Payangan, hanya 20-an anggota saja yang hadir.

“Dan memang dalam pelaksanaan kegiatannya tidak semua aktif. Kadang yang datang hanya sekitar 20-30 orang. Mungkin menyesuaikan, karena di rumah (Nurhasan), rumahnya sempit, tidak semua anggota hadir,” ujarnya.

Baca Juga
Ritual Untuk Kesaktian di Pantai Selatan Jember Bawa Bencana, 11 Orang Meninggal

“Memang anggotanya datang dengan berbagai macam tujuan. Para anggota ini memiliki masalah, seperti masalah ekonomi, masalah keluarga, atau juga satu dua memiliki masalah guna-guna, santet, atau ilmu hitam lainnya. Ada juga yang memiliki tujuan mendapatkan ilmu kanuragan,” kata Hery.

Sebanyak 24 anggota kelompok Tunggal Jati Nusantara berangkat ke Pantai Payangan pada 12 Februari. Pada pukul 23.00 WIB, seluruh anggota menjalankan ritual di pantai.

Sebanyak 23 anggota kelompok terseret ombak tinggi. Dari jumlah itu, 12 orang selamat dan 11 lainnya meninggal dunia.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait