Peretas Laman Sekretariat Kabinet Ditangkap!

  • Arry
  • 7 Agt 2021 21:19
Ilustrasi Hacker(TheDigitalArtist/pixabay)

Polisi telah menangkap pelaku peretasan laman Sekretariat Kabinet atau Setkab RI. Pelaku diketahui mengaku sebagai Zyy ft Lutfifake, Padang Blackhat.

"Sudah ditangkap, kemarin," kata Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto, di Jakarta, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Situs setkab yakni www.setkab.go.id diretas pada hari ini pukul 09.00 WIB. Tampilan situs menjadi bergambar foto Lutfi 'pembawa bendera'.

Peretas mengaku sebagai Zyy ft Lutfifake, Padang Blackhat. Setkab langsung menutup sementara situsnya pada pukul 09.45 WIB. Siang pukul 14.10 WIB, situs berhasil dipulihkan.

Tampak di laman situs, ada gambar Lutfi 'pembawa bendera'. Di bawahnya, ada teks berisi pihak yang meretas, menamakan diri sebagai Padang Blackhat. Begini teksnya:

Padang Blackhat | Anon Illusion Team
Pwned By Zyy Ft Lutfifake

Kekacauan di mana-mana, Indonesia sedang tidak baik baik saja. Rakyat harus di rumah tanpa ada dispensasi dan kompensasi apapun yang membuat rakyat Indonesia merasa stres dan depresi. Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir tiap hari. Di mana keadilan di negara ini?

Pancasila!
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2 sampai 5 tidak ada perubahan!

Belum diketahui siapa Padang Blackchat ini. Dikutip dari situs Kaspersky, hacker black hat adalah kriminal yang membobol jaringan komputer dengan niat jahat. Mereka juga bisa melepas malware yang menghancurkan dokumen-dokumen (file), menyandera komputer, atau mencuri password kartu kredit dan data pribadi lainnya. Fenomena hacker black hat adalah fenomena global.

Soal Padang Blackhat, nama ini muncul di alamat situs Universitas Fajar. Situs Universitas Fajar yang beralamat di unifa.ac.id sendiri bisa diakses dengan normal, namun ada alamat situs Universitas Fajar yang telah diretas, yakni unifa.ac.id/zg-content/thumbs/mz.html. Di situ tertera nama 'Padang Blackhat' dengan keterangan 'Pned by Zyy'.

Ada juga alamat blog.padangblachat.eu.org yang membagikan cara-cara meretas situs. Di situ pula tertera nama 'Lutfifakee', nama yang mirip tertera di situs Setkab yang diretas.

Selain itu, ada nama akun Twitter dengan nama mirip seperti di situs Setkab, yakni Padang Blackhat (@FakeeLutfi). Akun Twitter itu menyatakan diri sebagai 'official Padang Blackhat'. Akun dengan gambar profil naga bersayap ini dibikin pada Mei 2021. Akun Facebook 'Padangblackhat' juga ada, sama-sama memasang gambar profil naga bersayap. Belum ada informasi lebih jelas mengenai Padang Blackhat sejauh ini.

Urutan kejadian selanjutnya, Setkab melakukan takedown atau menutup situsnya untuk sementara waktu, mulai pukul 09.45 WIB.

Akhirnya pada pukul 14.10 WIB tadi, situs Setkab pulih kembali. Situs bisa diakses lagi dan menampilkan laman yang normal seperti sebelum diretas. Selanjutnya, Setkab bakal melaporkan hacker pelaku peretasan situsnya ke polisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait