Tol Cipularang Macet Parah dan Diblokir Warga, Ini Kata Polisi

  • Arry
  • 29 Apr 2022 14:55
Viral Tol Cipularang diblokir warga karena macet arus mudik(@jktinformasi/instagram)

Kemacetan di Tol Cipularang arah Jakarta saat arus mudik terjadi pada Jumat, 29 April 2022 pagi. Ada kabar ruas tol tersebut juga sempat diblokir warga yang kesal akibat kemacetan tersebut.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Romin Thaib, menjelaskan penyebab kemacetan di Tol Cipularang tersebut. Romin menegaskan, tidak ada pemblokiran dari warga saat itu.

Menurutnya, kemacetan terjadi karena kendaraan dari Tol CIpularang harus menunggu pembukaan jalan menuju Jakarta karena skema one way di Tol Cikampek.

Romin menjelaskan, skema one way pada pagi hari ini diberlakkan dari KM 47 hingga KM 70 Tol Cikampek. Selain itu ada juga perubahan jadwal dari semula pintu tol ke arah Jakarta dibuka pukul 24.00 WIB, ditunda menjadi pukul 08.30 WIB.

"Enggak ada [pemblokiran jalan tol ke arah Bandung]. Enggak ada. Dia mau ke arah jakarta. Nunggu. Namanya nunggu," kata Romin saat dikonfirmasi.

Viral Tol Cipularang diblokir warga

"Karena pasti kan ada yang turun dari mobil nggak pasti di dalam mobil. Nunggu waktu kapan ke arah jakarta bisa dibuka," imbuhnya.

"Pelaksanaan penundaan itu karena pertimbangan karena volume lalin yg ke arah Jawa sangat tinggi. Makanya kita adakan penundaan waktu," jelas dia.

Romin menjelaskan, penundaan skema one way itu karena kondisi lalu lintas ke wilayah Timur pada pukul 24.00 masih tinggi. Kemacetan baru bisa terurai pada pukul 03.30 WIB.

"Maka pimpinan lihat kita perpanjangan dulu sampai lihat situasi perkembangan arus lalin," ucap dia.

Meski demikian, Romin meminta maaf kepada warga yang terganggu akibat keputusan tersebut.

"Pimpinan semuanya kami mohon maaf apabila masyarakat merasa terganggu tapi kami yakin karena ada kebangkitan arus yang sangat tinggi lah yang membuat kita menunda sementara dan baru kita laksanakan di pagi hari itu," ucapnya.

Sempat beredar video jalan Tol Cipularang arah Bandung diblokir. Pemblokiran dilakukan oleh warga yang kesal akibat Tol Cipularang yang mengarah ke Jakarta.

 

Artikel lainnya

Berita Terkait