5 Tips Nyetir Mobil Matic Agar Irit Bensin

  • Arry
  • 2 Sep 2021 16:03
Mobil transmisi matic(daihatsu/daihatsu.co.id)

Memiliki mobil bertransmisi otomatis saat ini diminati oleh warga di perkotaan. Kondisi jalan yang macet membuat orang lebih memilih mobil matic dibanding transmisi manual.

Mobil matic ini identik dengan boros bahan bakar. Namun lebih praktis mengemudi di jalan yang macet. Karena mobil matic hanya memiliki pedal gas dan rem saja. Tidak ada pedal kopling.

Meski lebih boros bensin, ada caranya agar menyupir mobil matic tetap irit bahan bakar.

Dilansir dari laman blog Astra, Ini tips nyetir mobil matic agar irit bahan bakar:

  1. Injak pedal gas dengan perlahan
    Pada mobil matik, ketika posisi tuas transmisi sudah di D, maka mobil akan langsung jalan pelan. Maka itu, Anda hanya perlu menginjak pedal gas secara perlahan saja untuk menambah kecepatan. Sehingga aliran konsumsi bahan bakar tidak terlalu deras. Kecuali jika memang ingin memperoleh akselerasi yang cukup tinggi saat ingin menyalip kendaraan di depan.
  2. Berkendara secara konsisten
    Jangan terlalu sering memainkan pedal gas, karena semakin sering menginjak pedal gas lebih dalam akan membuat konsumsi BBM jadi lebih banyak.
  3. Jaga putaran RPM stabil
    Usahakan juga untuk menjaga putaran mesin (RPM) pada putaran 2.000 sampai 3.000 rpm. Biasanya pada mobil matic modern sekarang ini sudah bisa melakukan perpindahan gigi pada putaran mesin rendah. Ini juga mengapa mobil matic sekarang lebih irit dari matic lawas.
  4. Jaga jarak
    Jaga jarak dengan mobil di depan. Ini bisa membantu mengurangi konsumsi BBM. Karena anda tidak perlu menginjak gas atau rem sesering mungkin.
  5. Isi BBM sesuai rekomendasi pabrikan
    Biasanya orang akan menghemat uang dengan mengisi bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik. Tapi nyatanya hal ini malah bisa jauh lebih boros. Karena performa mesin dan konsumsi BBM akan lebih baik saat menggunakan bahan bakar dengan oktan sesuai rekomendasi pabrikan.

Demikian 5 tips nyetir mobil matic agar irit bensin.

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait