Hero Jual IKEA Sentul City Rp280 Miliar

  • Arry
  • 1 Sep 2021 16:53
IKEA Sentul City(Ikea Indonesia/ikea.co.id)

PT Hero Supermarket atau HERO menjual salah satu aset properti IKEA yakni IKEA Sentul City. IKEA dijual ke PT Archipelago Property Development atau APD, sebuah perusahaan terafiliasinya.

Penjualan dilakukan pada 27 Agustus 2021. Nilai transaksi mencapai Rp280 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek, disebutkan perusahaan yang membeli IKEA, APD merupakan perusahaan yang masih memiliki afiliasi dengan HERO.

APD didirikan pada 2016. Sahamnya dipegang oleh Mulgrave Corporation B.V. (25%) dan The Dairy Farm Company Ltd. (75%), yang mana juga merupakan pemegang saham mayoritas dan pengendali HERO.

Direksi Perseroan HERO mengungkapkan pihaknya tengah menghadapi kondisi yang menantang akibat pandemi Covid-19. Hal ini ditunjukkan dengan buruknya kinerja keuangan sepanjang tahun lalu dan masih belum pulih hingga saat ini.

Neraca keuangan HERO pada 31 Desember 2020 tercatat ada pembukuan kas bersih sebesar Rp168 miliar. Dan posisi utang bersih sebesar Rp463 miliar.

"Menyusul pengumuman ini, perseroan telah menjajaki divestasi sejumlah properti yang dimiliki untuk memberikan perseroan fleksibilitas neraca yang lebih baik untuk menunjang jalannya kegiatan usaha selama pandemi Covid-19 serta inisiatif pertumbuhan di masa depan," tulis direksi HERO, dikutip dari laman keterbukaan publik Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (1/9/2021).

"Transaksi ini akan memberikan perseroan kemampuan untuk memonetisasi aset yang tidak likuid dengan nilai pasar wajar dan memberikan fleksibilitas neraca tambahan kepada Perseroan," tambah pihak manajemen.

Direksi HERO menyatakan, penjualan ini diharapkan dapat mendukung profitabilitas HERO pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait