Komnas HAM: Brigadir Yosua Masih Hidup Saat Tiba di Rumah Irjen Sambo

  • Arry
  • 27 Jul 2022 21:13
Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat meninggal dunia dalam aksi polisi tembak polisi(ist/ist)

Komnas HAM telah melihat rekaman CCTV yang berasal dari sekitar rumah Irjen Ferdy Sambo. Dalam rekaman itu, terlihat Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat masih hidup saat tiba di rumah Irjan Sambo sepulang dari Magelang.

"Paling penting tadi kami diperlihatkan video, jumlahnya 20 video dari Magelang sampai area Duren Tiga, termasuk sampai Kramat Jati," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, di Jakarta, Rabu 27 Juli 2022.

"Di Duren Tiga ada Irjen Sambo, ada rombongan Magelang, jadi duluan Irjen Sambo, lalu ada Bu Putri dan ada Yosua. Almarhum masih hidup sampai Duren Tiga, lalu rombongan yang lain, masih dalam kondisi hidup dan sehat," jelasnya.

"Konsen yang penting di sini di Kramat Jati, dan waktunya sesuai. Lalu kami juga ditunjukkan di mana jejaring komunikasi yang terdapat di area Duren Tiga-Magelang dengan cell down, jadi raw materialnya kami dikasih, jaring jaringnya siapa, ngomong apa, kami dikasih," ujarnya.

Baca juga
Pengacara Ungkap 2 Tempat Brigadir J Disiksa Hingga Tewas

"Itu bahan raw material akan kami analisis dan komunikasi apa yang terjadi, dan itu akan ada di laporan hasil akhir kita," jelas dia.

"Jadi kami sepakati mekanisme mengambil keterangan digital dan siber ini minggu depan. Jadi tinggal 20 persen lagi," jelasnya.

"Tapi kalau yang paling penting dari video itu terlihat, termasuk apakah di video itu ada proses PCR, ada. Ada jamnya dan siapa saja yang di PCR, termasuk almarhum Yoshua," jelasnya.


Selanjutnya pengacara sebut Brigadir Yosua disiksa antara Magelang-Jakarta >>>

 

Berita Terkait