Bharada E: Tak Ada baku Tembak, Peluru Brigadir J Sengaja Ditembak ke Dinding

  • Arry
  • 8 Agt 2022 14:08
Bharada E mendatang Komnas HAM(ist/ist)

Bharada E alias Bharada Richard Eliezer terus membuka fakta baru tewasnya Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Menurutnya, pada saat peristiwa terjadi, tidak ada baku tembak.

Pengakuan Bharada E itu disampaikan kuasa hukumnya, Muhammad Boerhanuddin. Menurutnya, peluru sengaja dilontarkan dari senjata Brigadir Yosua ke arah dinding.

"Yang itu pun adapun proyektil atau apa yang di lokasi katanya alibi, jadi senjata almarhum yang tewas itu dipakai untuk tembak kiri kanan itu," kata Boerhanuddin di Jakarta, Senin, 8 Agustus 2022.

"Bukan saling baku tembak. Menembak itu dinding arah-arah itunya," ujarnya.

Baca juga
Ngaku Ngumpet di Kulkas, Brigadir Ricky Tersangka Pembunuhan Berencana Brigadir J

Boerhanuddin juga menegaskan, Bharada E diperintah oleh atasannya untuk menembak Brigadir Yosua. Namun, dia enggan menyebut siapa atasan Bharada Eliezer yang dimaksud.

"Sementara petunjuknya sih dari atasan dia. Saya nggak bisa sebut nama. Dari BAP dan keterangan kepada kuasa hukum, dia mendapatkan tekanan dapat perintah untuk menembak, itu saja," ujarnya.

"Atasannya kan kita sudah bisa reka-reka siapa atasannya. Atasan kedinasan, yang ditempat lokasinya. Bukan atasan di itunya tapi atasan di tempat dia bertugas itu," imbuhnya.

Baca juga
Spesifikasi Glock 17 dan HS-9, Senjata yang Dipakai Saat Duel Brigadir J vs Bharada E

Diberitakan sebelumnya, Polisi menyatakan Brigadir Yosua tewas usai baku tembak dengan Bharada E. Baku tembak terjadi lantaran Brigadir J melakukan pelecehan terhadap istri Irjen Ferdy Sambo dan melakukan pengancaman.

Bharada E saat ini juga sudah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J. Namun, aksi itu tidak dilakukan sendirian.

Oleh karena itu, Polri menjerat Bharada Eliezer dengan Pasal 338 Jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait