Isu Pemerintah Larang dan Minta Vivo Naikkan Harga BBM Revvo 89, Ini Kata ESDM

  • Arry
  • 5 Sep 2022 21:05
Ilustrasi SPBU(@IADE-Michoko/pixabay)

SPBU Vivo langsung digeruduk pengendara usai Pemerintah menaikkan harga BBM Pertamina jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax. Konsumen langsung memilih BBM jenis Revvo 89 sebagai pengganti Pertalite.

Muncul kabar pemerintah meminta kepada Vivo agar menaikkan harga BBM jenis Revvo 89. Hal inilah yang disebut sebagai penyebab Revvo 89 menghilang di pasaran.

Pemerintah melalui Kementerian ESDM menegaskan, tidak pernah mengintervensi Vivo soal penetapan harga BBM.

"Menteri ESDM menetapkan Harga Jual Eceran (HJE) Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan. Sedangkan HJE Jenis BBM Umum dihitung dan ditetapkan oleh Badan Usaha," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Tutuka Ariadji, dalam keterangan tertulis, Senin, 5 September 2022.

Baca juga
Stok BBM Revvo 89 di SPBU Vivo Bekasi Kosong, Ini Daftar SPBU Vivo Lain

Tutuka menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 117 Tahun 2021, Pemerintah menetapkan 3 jenis BBM yang beredar di masyarakat.

Pertama Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT), yakni BBM yang mendapat subsidi dan kompensasi yaitu minyak tanah dan solar. Kedua, BBM Khusus Penugasan atau JBKP enis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP), yakni BBM yang tidak mendapat subsidi namun mendapat kompensasi yaitu Bensin RON 90. Ketiga Jenis Bahan Bakar Minyak Umum (JBU), yakni BBM di luar JBT dan JBKP.

Baca juga
Konsumen Beralih ke BBM Vivo Gegara Harga Pertalite Naik, Ini Kata Pertamina

Untuk harga jual eceran jenis BBM Umum ditetapkan badan usaha. Dalam pengendalian harga di konsumen, pemerintah pun menetapkan formula Batas Atas maksimal 10 persen.

"Berdasarkan hal tersebut, pemerintah akan menegur Badan Usaha apabila menjual BBM melebihi Batas Atas. Penetapan harga jual di SPBU saat ini merupakan kebijakan Badan Usaha yang dilaporkan ke Menteri cq. Dirjen Migas," jelasnya.

Baca juga
Pengendara Pindah ke BBM Vivo Gegara BBM Pertamina Naik, Segini Perbandingan Harganya

Tutuka pun membantah pemerintah meminta Vivo menaikkan harga BBM. "Tidak benar pemerintah meminta Badan Usaha untuk menaikkan harga," imbuhnya.

Untuk diketahui, Vivo memiliki tiga jenis BBM yakni Revvo 89, Revvo 92, dan Revvo 95. Untuk Revvo 89 dibanderol Rp 8.900 per liter. Sementara harga BBM Revvo 92 Rp 15.400, dan Revvo 95 dibanderol Rp 16.100.

Sedangkan Pertamina baru saja menaikkan tiga jenis BBM yakni Pertalite, Solar, dan Pertamax. Harga BBM Pertalite naik menjadi Rp10.000 per liter, harga Solar naik menjadi Rp6.800 per liter, dan harga Pertamax naik menjadi Rp14.500 per liter. Kenaikan berlaku mulai 3 September 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait