Anggota Geng Motor The Prediksi Ungkap Pungli Rp30 Ribu Saat Perpanjang STNK

  • Arry
  • 29 Sep 2022 08:53
STNK kendaraan(ntmc Polri/ntmcpolri.info)

Komedian Soleh Solihun menguak praktik pungutan liar saat memperpanjang masa berlaku STNK di Polda Metro Jaya. Anggota geng motor The Prediksi itu mengaku dimiinta Rp30 ribu untuk periksa fisik kendaraan.

Dugaan pungli itu diungkap Soleh Solihun di akun Twitternya pada 27 September 2022. Menurutnya, peristiwa tersebut terjadi saat dia sedang memperpanjang STNK 5 tahunan.

"Perpanjang STNK 5 tahunan. Jam 8 pagi sampe samsat di polda metro, langsung cek fisik. bayar 30 ribu. setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. Jam 8.13, berkas diterima. lanjut lantai 4," tulis Soleh dalam twitter pribadinya dikutip Kamis, 29 September 2022.

Baca juga
BPJS Kesehatan Jadi Syarat SIM dan STNK, Polri: Aktifkan BPJS

Menurut Soleh, usai menuliskan cuitan soal uang Rp30 ribu untuk cek fisik, dia ditelepon Kanit Samsat Jakarta Selatan, AKP Mulyono. Soleh diminta untuk menemui AKP Mulyono.

Cerita Soleh Solihun kena pungli Rp30 ribu cek fisik perpanjangan STNK

"Perkara 30 ribu cek fisik, ternyata ulah oknum. barusan AKP Mulyono Kanit Samsat Jakarta Selatan menghadap saya dan meminta maaf atas ulah oknum (di sebelah saya) dan mengatakan si oknum akan diberi hukuman. Pak mulyono sekali lagi memastikan: cek fisik gratis!," kata Soleh.

"Semoga itikad baik pak mulyono buat membersihkan pungli dari samsat bisa terus terlaksana. saya tadi kasih saran: pasang pengumuman di tempat cek fisik yang bertuliskan: "CEK FISIK, GRATIS."

Soleh menjelaskan, AKP Mulyono pun menitipkan pesan kepada pengendara yang hendak memperpanjang STNK 5 tahunan.

"Pesannya cuma satu: kalo ada yang minta duit ketika ngurus perpanjangan stnk (di luar duit pajak dan fotokopi ya), gak usah bayar. laporin aja katanya," ujarnya.

"Update kisah cek fisik di samsat, sehari setelah kejadian saya bayar 30 ribu, akhirnya di lokasi cek fisik sekarang dipasang banner yang bertuliskan bahwa cek fisik tidak dipungut biaya," tutup Soleh Solihun.


Petugas Smsat Polda Metro Jaya Dipecat >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait