Lion Air dan Wings Air Jadi Maskapai Terburuk di Dunia, Ini Pembelaan Manajemen

  • Arry
  • 13 Nov 2022 12:57
Maskapai Wings Air(lion air/lionair.co.id)

Lion Air dan Wings Air dinobatkan sebagai maskapai terburuk di dunia. Dua maskapai dari Lion Air Group itu mendapat penilaian paling kecil dibanding seluruh maskapai di dunia.

Lion Air Group memberikan penjelasan mengenai penilaian yang diberikan dari Bounce. Dalam penjelasannya, manajemen menyatakan Lion Air dan Wings Air termasuk kategori maskapai berbiaya rendah atau hemat (low cost carrier), salah satunya tidak menyediakan atau memberikan makan dan minuman di pesawat secara gratis.

"Untuk memberikan rasa kenyamanan dan pengalaman terbang menyenangkan, layanan hiburan gratis di pesawat (inflight entertainment) sudah tersedia dan dikembangkan secara bertahap, cara mudah, download aplikasi Tripper dari Google Play Store dan Apps store," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 13 November 2022.

"Seluruh operasional tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan serta sesuai standar protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga
Daftar Maskapai dengan Layanan Terburuk di Dunia, Lion Air Nomor Satu

"Lion Air dan Wings Air mengucapkan terima kasih atas saran, kritik/masukan, berupa data, catatan serta bentuk lainnya dari berbagai pihak sebagai salah satu rekomendasi dalam mendukung perbaikan layanan dan operasional penerbangan," imbuh dia.

Menurut Danang, Lion Air dan Wings Air terus memperbaiki, mempertahankan tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) serta mempersiapkan ke level ketepatan waktu operasional terbaik.

Danang menjelaskan, tingkat ketepatan waktu Lion Air dari 2019 hingga 2022 berkisar antara 75,48 persen hingga 77,90 persen. Sedangkan Wings Air berkisar antara 71,29 persen hingga 77,19 persen.

Danang menjelaskan, data OTP itu sudah diperhitungkan dan dikelola secara bersamaan dan tepat waktu (real time) untuk dianalisis internal serta dilaporkan kepada pihak berwenang (dalam hal ini salah satunya adalah regulator yaitu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia).

"Dalam langkah yang ditentukan untuk memperbaiki tingkat ketepatan waktu, Lion Air dan Wings Air melaksanakan koordinasi dan komunikasi intensif yang mengikuti standar operasional prosedur (SOP) bersama pihak terkait," kata dia.

Baca juga
Begini Suasana Mencekam di Kabin Lion Air yang Mesinnya Terbakar Saat Terbang

"Faktor-faktor yang mempengaruhi penundaan penerbangan, pembatalan, pengalihan dan pemulihan (recovery) seperti cuaca, teknis serta lainnya selalu dilakukan analisis dan evaluasi (pengkajian operasional)," imbuh Danang.

Untuk diketahui, Bounce merilis daftar maskapai dengan pelayanan terburuk di dunia. Lion Air berada di peringkat pertama dengan nilai 0,72.

Sedangkan Wings Air berada di peringkat kedua sebagai salah satu maskapai internasional terburuk. Wings Air meraih nilai 1,11.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait