Dampak Gempa Cianjur 5,6 M, 2 Warga Meninggal Dunia

  • Arry
  • 21 Nov 2022 14:56
Dampak gempa Cianjur berkekuatan 5,6 Magnitudo (humas/bnpb)

Gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, Senin, 21 November 2022. Gempa terasa di Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung. Gempa ini menyebabkan 2 warga meninggal dunia.

BMKG mencatat, gempa terjadi pada pukul 13.21 WIB. Gempa berada di darat 10 Km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa ini dirasakan beragam hingga 7 detik.

Berdasarkan data yang disampaikan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, ada dua warga meninggal dunia. Selain itu, empat warga mengalam luka-luka.

BPBD Cianjur melaporkan masih melakukan pendataan di wilayah. Data sementara per pukul 14.11 WIB, rumah rusak berat sebanyak 7 unit.

Di samping bangunan rumah, Pusdalops mendapatkan laporan pondok pesantren rusak berat 1 unit dan RSUD Cianjur rusak sedang 1. Kerusakan fasilitas publik yang masih diidentifikasi tingkat kerusakan, antara lain gedung pemerintah 2 unit, fasilitas Pendidikan 3, tempat ibadah 1.

Selain di Cianjur, BPBD Kabupaten Bogor melaporkan dua rumah warga rusak.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya gempa bumi. Warga di wilayah terdampak gempa dapat melakukan pengecekan struktur bangunan apabila ingin memasuki rumahnya kembali.

"Pastikan tidak ada kerusakan struktur seperti kerusakan tiang rumah, kuda-kuda atap, dan kerusakan struktur lainnya. Di samping itu, tetap waspada terhadap potensi gempa susulan dengan terus mengikuti pemutakhiran data dari instansi berwenang," tulis BNPB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait