Gempa Sukabumi yang Terasa Hingga Jakarta Berkekuatan M 6,1 dan 5,8, Ini Kata BMKG

  • Arry
  • 8 Des 2022 08:55
BMKG(bmkg/bmkg.goo.id)

Gempa mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Kamis, 8 Desember 2022. Gempa terasa hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya.

BMKG mencatat ada dua gempa yang terjadi di Sukabumi. Dua gempa hanya terjadi selang dua detik saja.

Melansir Twitter resmi BMKG, gempa pertama terjadi pada pukul 07.50:55. Gempa ini lokasinya di 39 Km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat. Atau pada koordinat 7,27 lintang selatan dan 106,88 bujur timur. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 128 kilometer.

    Gempa M 6,1 goyang Sukabumi, Jawa Barat

Gempa kedua terjadi dengan kekuatan Magnitudo 6,1 pada pukul 07.50:57 WIB. Gempa ini berada pada 22 kilometer tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat. Atau pada koordinat 7,11 lintang selatan dan 106,99 bujur timur. Gempa berada di laut pada kedalaman 104 kilometer.

    gempa M 5,8 goyang Sukabumi, Jawa Barat

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan, gempa yang terjadi termasuk jenis gempa bumi menengah. Gempa akibat adanya deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Daryono dalam keterangan tertulis yang diterima Newscast.id.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Rancaekek, Cianjur, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, Sumedang, Cisolok, Sumur, Sukabumi, Jakarta, Garut, Bekasi, Bandar Lampung, dan Tangerang Selatan.

Rekomendasi BMKG:

  1. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  2. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.
  3. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait