Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke, Ini Kronologinya

  • Arry
  • 26 Jan 2023 16:06
Sayap Lion Air penyok usai menabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua(ist/ist)

Pesawat lion Air dengan nomor penerbangan JT 797 menabrak jembatan Garbarata Bandara Mopah Merauke, Papua Selatan. Akibatnya, sebanyak 117 penumpang batal terbang.

Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan menjelaskan kronologi pesawat Lion Air menabrak Garbarata. Menurutnya, peristiwa terjadi sekitar pukul 09.10 WIT, Kamis, 26 Januari 2023.

"Kejadiannya pesawat mau berputar haluan menuju runway penerbangan. Di situ ada Garbarata, pesawatnya nabrak bagian sayap," kata AKBP Sandi.

Sandi menjelaskan, pesawat tersebut membawa 117 penumpang. Pesawat Lion Air itu hendak melakukan penerbangan ke Jayapura.

Baca juga
Kaesang Pangarep Kena PHP Lion Air, Maskapai Buka Suara

"Dia dari Merauke mau ke Jayapura insiden itu terjadi," ujar AKBP Sandi.

Menurutnya, tak ada korban jiwa akibat tabrakan tersebut.

Menanggapi insiden pesawat Lion Air menabrak Garbarata, pihak manajemen buka suara. Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan, pesawat tersebut sudah menjalani pemeriksaan awal dengan hasil layak dan aman dioperasikan.

"Setelah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat (apron)," kata Danang dalam keterangan tertulisnya.

"Dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat. Dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Baca juga
Daftar Maskapai dengan Layanan Terburuk di Dunia, Lion Air Nomor Satu

"Hasil pengamatan, lekukan ujung sayap bagian kanan menyentuh (gesekan) pada bagian luar bangunan garbarata bandar udara. Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," ucapnya.

Menurut Danang pihaknya tengah menginvestigasi peristiwa tersebut.

Mengenai nasib penumpang, menurutnya seluruhnya sudah diarahkan dan diturunkan menuju ruang tunggu terminal keberangkatan.

"Lion Air menyediakan fasilitas kepada seluruh penumpang berdasarkan ketentuan yang berlaku antara lain memindahkan penerbangan (transfer flight) pada maskapai lain yang disesuaikan ketersediaan kursi, proses pengembalian dana tiket (refund) sesuai permintaan penumpang serta lainnya," kata Danang.

Artikel lainnya: Rekening BCA Dibobol Tukang Becak, Duitnya Buat Beli iPhone dan Main Judi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait