Isu Reshuffle, 2 Menteri Nasdem Tak Diajak Rapat Bareng Jokowi

  • Arry
  • 31 Jan 2023 21:51
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo(ist/ist)

Isu reshuffle Rabu Pon, 1 Februari 2023 terus menguat. Muncul dugaan perombakan kabinet edisi ini untuk mengganti menteri-menteri asal Partai Nasdem.

Sinyal itu makin menguat saat dua menteri asal Nasdem tak diajak Presiden Jokowi rapat terbatas di Istana Negara, pada Selasa, 31 Januari 2023. Dua menteri itu adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Rapat pertama yang digelar Jokowi adalah rapat soal kehutanan. Rapat itu hanya dihadiri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong. Dia mewakili Menteri Siti Nurbaya yang tidak hadir dalam rapat.

Rapat tersebut juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury, dan perwakilan dari PLN.

Alue beralasan, Siti Nurbaya tidak hadir dalam rapat karena ada agenda lain.

Baca juga
Sinyal Reshuffle Kabinet Rabu Pon 1 Februari, Menteri dari Nasdem Didepak?

"No comment. Kalau urusan itu (reshuffle), no comment," kata Alue.

"Ke Labuan Bajo, sehari aja, salah satunya buat persiapan ASEAN," lanjut Alue.

Setelah itu Jokowi menggelar ratas soal pangan. Dalam rapat itu dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas), Kepala Bulog Budi Waseso, dan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tak ada di rapat tersebut.

Budi Waseso mengungkapkan, Presiden hanya mengundang tiga pihak untuk menghadiri ratas itu.

Baca juga
Prabowo Ungkap Agenda Pertemuan dengan Presiden Jokowi di Tengah Isu Reshuffle

"Orang yang diundang saya cuma bertiga urusan beras," kata Buwas seusai rapat.

"Ya ini kan masalah penyaluran operasi pasar. Mendag itu stabilisasi saya pelaksananya, Pak Arief itu yang ngitung neracanya," ujarnya.

Selain Syarul Yasin Limpo dan Siti Nurbaya, Nasdem sebenarnya masih mempunyai satu menteri lagi, yakni Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kabar Menteri Nasdem bakal didepak mencuat setelah partai besutan Surya Paloh tersebut menunjuk Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Artikel lainnya: Tren Anak Muda Nikah di KUA, Ini Syarat dan Biayanya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait