Makna Rabu Pon, Hari Keramat Jokowi Reshufle Kabinet

  • Arry
  • 1 Feb 2023 09:21
Kabinet Indonesia Maju(humas/setneg.go.id)

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kabarnya akan dilakukan Presiden Joko Widodo pada Rbu Pon, 1 Februari 2023. Isu ini berkembang karena adanya dinamika politik jelang Pilpres 2024 yang makin memanas.

Presiden Jokowi pun kerap menjadikan hari Rabu Pon sebagai waktu untuk melakukan perombakan kabinetnya, sejak dia menjabat pada 2014. Apa makna Rabu Pon?

Untuk diketahui, 1 Februari 2023 bertepatan dengan Rabu Pon, 10 Rejeb 1956 pada penanggalan Jawa. Tanggal ini memiliki pasaran Pon wuku Julungpujut.

Berdasarkan penanggalan Jawa, Rabu Pon memiliki neptu alias nilai 14 yakni Rabu 7 dan Pon 7. Rabu Pon pun dimaknai watak lakuning rembulan atau memiliki pemikiran seperti bulan. Rabu Pon juga memiliki sifat menenrangi atau membuat hati orang lain menjadi tentram.

Baca juga
Di Tengah Isu Reshuffle, Presiden Jokowi Panggil Prabowo dan Sri Mulyani

Jadi Rabu Pon pada penanggalan Jawa bisa dimaknai keputusan yang dibuat pada hari tersebut didoakan dapat membuat hati orang lain menjadi tentram.

Isu reshuffle ini menguat usai Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pIlpres 2024. PDIP, sebagai partai pemilik suara terbanyak, mendesak Jokowi segera mengganti menteri asal Nasdem.

Diketahui saat ini ada tiga menteri yang berasal dari Partai Nasdem. Mereka adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Komunikasi den Informatika Johnny G PLate, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Isu reshuffle Rabu Pon 1 Februari 2023 pun menguat setelah Presiden Jokowi mengundang Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh ke Istana Negara pada 26 Januari 2023.

Baca juga
Isu Reshuffle, 2 Menteri Nasdem Tak Diajak Rapat Bareng Jokowi

Selain itu, pada Selasa 31 Januari 2023, Jokowi tidak mengundang dua menteri asal Nasdem untuk menghadiri rapat terbatas di Istana. Mereka yang tidak diundang adalah Menteri Siti Nurbaya dan Menteri Pertanian.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menyatakan akan terjadi kejutan besar dari Presiden Jokowi.

“Saya termasuk orang yang meyakini Rabu Pon akan ada kejutan spektakuler. Soal reshuffle kabinet merupakan buntut dari Nasdem yang mengusung Anies untuk maju Pilpres 2024," kata Adi.

"Selain itu, Jokowi menyebut sudah tidak happy dengan apa yang dilakukan Nasdem,” jelas Adi.

Jadi apakah ada kejutan reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu Pon, 1 Februari 2023? Kita tunggu saja.

Artikel lainnya: Tren Anak Muda Nikah di KUA, Ini Syarat dan Biayanya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait