Organisasi Papua Merdeka Akui Sandera Pilot dan Bakar Pesawat Susi Air

  • Arry
  • 7 Feb 2023 15:04
Maskapai Susi Air(susi air/susiair.com)

Organisasi Papua Merdeka atau OPM mengakui menyandera pilot maskapai Susi Air. Tak hanya itu, mereka juga membakar pesawat milik Susi Pudjiastuti tersebut.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom. Pihak pemerintah menyebut organisasi itu sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

"Pilotnya kami sudah Sandera dan kami sedang bawa keluar, untuk itu anggota TNI-Polri tidak boleh tembak atau interogasi masyarakat sipil Nduga sembarang, karena yang melakukan adalah kami TPNPB OPM Kodap III Ndugama-Derakma di bawah Pimpinan Panglima Brigjen Egianus Kogoya," demikian keterangan dari Juru Bicara Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom.

"Pada hari ini, Selasa, 7 Februari 2023 pukul 11:18, dilaporkan oleh Panglima Pertahanan Daerah Kodap III Ndugama-Derakma Brigjen Egianus Kogoya bahwa Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua," katanya.

Baca juga
Pesawat Susi Air Diduga Dibakar di Papua, Nasib Penumpang Belum Diketahui

"Penyanderaan ini merupakan kedua kalinya yang kami lakukan, yang pertama penyelenggaraan Tim Lorenz pada tahun 1996 di Mapenduma," imbuhnya.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Prabowo, mengerahkan personel gabungan dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz.

"Ops Damai Cartenz, personel Polres Nduga dan rekan-rekan TNI akan melakukan investigasi terkait kondisi Pilot beserta seluruh penumpang pesawat," kata Benny dalam keterangan tertulis.

Benny menjelaskan, berdasarkan penyelidikan sementara, Pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan No Penerbangan SI 9368 itu hilang kontak usai mendarat di Bandara Paro.

Artikel lainnya: PT Pharos Tarik Obat Praxion yang Diminum Bocah Korban Gagal Ginjal Akut

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait