Dosen UII Hilang di Norwegia, Ini Pesan Terakhirnya

  • Arry
  • 18 Feb 2023 17:21
Dosen Universitas Islam Indonesia atau UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama(ist/istimewa)

Dosen Universitas Islam Indonesia atau UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang usai mengisi acara di Norwegia. Terakhir kali Ahmad dapat dikontak adalah pada 12 Februari 2023.

Ahmad dilaporkan hilang usai mengikuti acara mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN), Norwegia. Acara itu juga dihadiri Rektor UII Prof Fathul Wahid.

Rombongan dijadwalkan meninggalkan Norwegia melalui Bandara Oslo pada 12 Februari 2023. Reltor UII, Fathul Wahid menyatakan terakhir kali bertemu Ahmad pada 11 Februari malam.

Fathul menjelaskan, Ahmad tidak ikut dalam rombongan kembali ke Indonesia. Ahmad pun tidak membagi informasi penerbangan detil kepada kolega di UII. Hanya diketahui rute penerbangannya adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta.

Meski demikian, lanjut Fathul, Ahmad sempat berkirim pesan kepada istrinya pada 12 Februari 2iang. Pesan itu dikirim sebelum menaiki pesawat ke Istanbul.

Pesan tersebut adalah 'menunggu boarding'. Namun setelah itu tidak ada lagi kabar dari Ahmad.

"AMRP sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki," kata Fathul dalam keterangannya, Sabtu, 18 Februari 2023.

"Perjalanan ke Riyadh dilakukan, karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo, AMRP memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah," katanya.

Merujuk keterangan ke istrinya, Ahmad menyatakan akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00 WIB. Kedatangan Ahmad pun sempat ditunggui sang adik di bandara. Namun, hingga batas waktu kedatangan, Ahmad tak muncul.

"Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons oleh AMRP," kata Fathul.

Fathul menjelaskan pihak UII telah menyampaikan hal tersebut ke KBRI di Norwegia dan Turki. Termasuk menghubungi panitia konferensi di Jeddah.

Artikel lainnya: Kenapa Rasulullah Mampir di Masjidil Aqsa Sebelum ke Langit ke-7 Saat Isra Miraj

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait