Dosen UII Hilang, Jejak Digital terakhir Terlacak di Turkiye Pada 13 Februari

  • Arry
  • 19 Feb 2023 13:38
Dosen Universitas Islam Indonesia atau UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama(ist/istimewa)

Jejak digital dosen Universitas Islam Indonesia atau UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, terlacak terakhir kali berada di Istanbul, Turkiye. Namun, hingga kini keberadaan dosen informatika itu tidak diketahui.

Hal ini diungkapkan Rektor UII, Prof Fathul Wahid, dalam keterangan tertulisnya. Menurutnya, dosen Ahmad dua kali terlacak menggunakan internet saat berada di Turkiye.

"Selain sempat sign out Google Drive pada 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat, kami juga temukan jejak lain," kata Fathul, Minggu, 19 Februari 2023.

"AMRP sempat terhubung Internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke kampus UII. Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023,” jelas Fathul.

Baca juga
Dosen UII Hilang di Norwegia, Ini Pesan Terakhirnya

Keberadaan Ahmad Rafie di Turkiye ini juga dikonfirmasi KBRI di Oslo. Mereka menyatakan dosen UII itu sudah tidak berada di Norwegia atau wilayah Schengen pada 12 Februari 2023.

Sebelum ke Oslo, Rafie diketahui sempat menjadi pembicara pada konferensi internasional GTEL 2023 yang digelar di Riyadh pada 23-25 Januari 2023.

“Sampai saat ini, kami belum dapat memastikan apakah AMRP sudah meninggalkan Istanbul dan menuju Riyadh. Informasi status boarding yang masih kami tunggu dari Turkish Airline, akan mengungkap dengan lebih jelas,” tutur Fathul.

Baca juga
Mabes Polri Ikut Telusuri Hilangnya Dosen UII Ahmad Usai dari Norwegia

“Ikhtiar lain yang kami lakukan adalah meneruskan komunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul yang sudah berkoordinasi dengan otoritas setempat,” pungkasnya.

Rafie diketahui menghilang sejak 12 Februari, atau saat dia kontak terakhir dengan istrinya. Dalam pesan terakhirnya, Rafie menuliskan “menunggu boarding”.


Selanjutnya kronologi Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama hilang >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait