Menhub Budi Karya Usul Cuti Lebaran Dimajukan, Mulai 19 April Hingga 25 April

  • Arry
  • 24 Mar 2023 17:46
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi(kementerian perhubungan/kemenhub)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan cuti bersama Lebaran Idulfitri 2023 dimajukan. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan di jalur mudik.

Hal tersebut disampaikan Budi Karya usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 24 Maret 2023. Dalam usulannya, Budi mengusulkan cuti bersama dimulai 19 April 2023.

"Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan dengan cuti bersama, kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 menteri dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 26, kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari," kata Budi Karya.

"Jadi mulai dari tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26, jadi tambah 1 hari tapi di depan maju dua hari," jelasnya.

Baca juga
Catat! Ini Tanggal Pilihan Untuk Ajukan Cuti dan Berlibur di Tahun 2023

Budi Karya memperkirakan arus mudik pada tahun ini akan sangat tinggi. Usulan untuk memajukan jadwal libur cuti bersama itu untuk menghindari adanya penumpukan jalur mudik.

"Itu alasannya apa? Karena secara tradisional keinginan akan mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak, dan kalau dilihat itu tertuju hanya tanggal 21 maka terjadi penumpukan yang luar biasa," ujarnya.

"Sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai dari tanggal 18 sore, 19, 20 21, ada 4 hari mereka mudik," ujarnya.

"Sedangkan balik itu mereka harus pulang hari Rabu, tapi bagi mereka yang berkeinginan untuk cuti lebih panjang bisa sampai tanggal 30 sampai 31. Itu satu keputusan yang tadi diambil, diskusi yang cukup efektif," tambahnya.

Artikel lainnya: Diterpa Isu Hamili Hingga Ceraikan Nissa Asyifa, Alshad Ahmad Pilih ke Luar Negeri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait