Masjid Istiqlal Juga Jadi Sasaran QRIS Kotak Amal Palsu, Ditemukan 50 Stiker

  • Arry
  • 11 Apr 2023 08:26
Masjid Istiqlal Jakarta(masjid istiqlal/masjidistiqlal.or.id)

Aksi penipuan berkedok stiker barcode QRIS alias Quick Response Code Indonesian Standard menyasar masjid-masjid di Jakarta. Aksi tersebut kini terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Bisang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menjelaskan, sebanyak 50 stiker QRIS palsu ditemukan di lingkungan Masjid Istiqlal.

"Iya betul (ada aksi penipuan melalui stiker barcode QRIS palsu). Penempelan (barcode QRIS) diketahui sekitar tiga hari lalu," kata Abu saat dihubungi wartawan.

Abu menjelaskan, aksi penipuan ini terungkap saat seorang petugas Masjid Istiqlal mencurigai ada stiker QRIS yang tertempel di kotak amal di lingkungan masjid. Striker itu bertuliskan 'Restorasi Masjid'.

"Petugas kita curiga, kok ada tulisan restorasi masjid," ujarnya.

Baca juga
Tak Patut Ditiru, Aksi Pria Ini Tukar Barcode QRIS di Masjid Nurul Iman Blok M

Setelah penemuan itu, pihaknya langsung menelusuri setiap kotak amal di lingkungan Masjid Istiqlal. Tercatat ada 50 stiker barcode QRIS palsu yang ditempel di kotak amal.

"Totalnya ada 50 stiker. Kita serahkan ke pihak bank, jadi bank yang punya QRIS yang mengusut," jelas Abu.

Aksi penipuan lewat stiker QRIS ini awalnya terjadi di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. Dalam video yang viral di media sosial, terlihat seorang pria menempelkan stiker tersebut pada Kamis, 6 April 2023 sekitar pukul 10.37 WIB.

Sosok pria itu berperawakan gempal dengan rambut cepak, memakai kacamata, kemeja lengan panjang dan celana denim. Dia terekam kamera CCTV menempelkan stiker QRIS miliknya.

Pria itu menempelkan stiker QRIS bertuliskan 'RESTORASI MASJID', padahal QRIS milik masjid bertuliskan “MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE”.

Artikel lainnya: Bekas Ketum Partai Demokrat Anas Urbaningrum Bebas Besok

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait